3 Tempat Wisata Hidden Gem di Banyuwangi, Pulau Bedil Dijuluki Raja Ampat Jawa Timur

Estimated read time 3 min read

Banyuwangi – Tempat wisata Hidden Gem di Banyuwangi, Jawa Timur, menawarkan pesona alam yang indah. Keindahan tempat ini tidak hanya menarik perhatian wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara sehingga menjadikannya sebagai destinasi liburan yang menarik.

Banyuwangi menjadi salah satu tempat wisata favorit Indonesia karena memiliki surga tersembunyi. Dari padang savana yang menyerupai Afrika hingga hutan ajaib yang memanjakan mata dan pulau-pulau indah seperti Raja Ampat.

Banyuwangi semakin digemari wisatawan mancanegara (wisman) dan kunjungannya meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi (DISBUDPAR) menunjukkan jumlah wisman mencapai 69,6 ribu pada 2023, naik dari 29 ribu pada 2022.

Salah satu faktor yang menyebabkan lonjakan tersebut adalah adanya festival nasional dan internasional di Banyuwangi yang diberi nama Sunrise of Java. Berdasarkan informasi resmi yang diterima SINDOnews, Rabu (31/7/2024), berikut tempat wisata Hidden Gem di Banyuwangi.

3 Tempat Wisata Hidden Gem di Banyuwangi

1. Taman Nasional Baluran

Foto/Instagram @samudera_123

Dikenal juga dengan sebutan Afrika Van Java, Taman Nasional Baluran menawarkan panorama padang rumput yang luas dan beragam satwa liar seperti kerbau, rusa, dan burung merak, serta menikmati pemandangan megah Gunung Baluran. Selain itu, Taman Nasional Baluran merupakan situs edukasi penting tentang ekosistem sabana langka di Indonesia.

Bagi pecinta alam dan fotografi, tempat ini merupakan surganya yang menyuguhkan keindahan eksotis tanpa harus keluar negeri. Dengan fasilitas pendukung yang sangat baik, Taman Nasional Baluran cocok untuk semua kalangan, keluarga, maupun solo traveler.

2. Posisi D

Foto/gambar yang bagus

De Javatan yang biasa disebut Hutan Penguasa Cincin ini merupakan destinasi wisata unik di Banyuwangi dengan deretan pohon trembesi raksasa yang membentuk kanopi alami. Suasana hutan yang magis dan mistis memberikan pengalaman wisata yang berbeda dan tenang kepada setiap wisatawan.

Pohon-pohon trembesi ini, dengan akar-akarnya yang besar mencuat dari dalam tanah, menciptakan sebuah pemandangan yang seolah-olah menyerupai sebuah film fantasi. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang mencari ketenangan atau ingin berfoto dengan latar belakang alam yang indah.

De Javatan juga menawarkan area piknik dan jalur trekking ringan yang dapat dinikmati pengunjung dari segala usia. Apalagi hutan ini menjadi tempat mendidik anak-anak tentang pentingnya perlindungan lingkungan dan keanekaragaman hayati.

3. Pulau Senjata

Foto/Pariwisata Labuan Bajo

Banyuwangi juga punya keindahan bawah laut tersembunyi yang menyerupai Pulau Bedil, Raja Ampat. Pulau ini terkenal dengan terumbu karangnya yang masih asli, air laut yang jernih, dan beragam biota laut, menjadikannya surga bagi para penyelam dan perenang snorkel.

Selain aktivitas menyelam, wisatawan juga bisa menikmati pantai berpasir putih dan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Pulau ini merupakan tempat yang tepat untuk berjemur, berenang atau sekedar bersantai menikmati sejuknya angin laut.

Tak hanya menawarkan keindahan alam, Pulo Bedil memiliki beberapa titik pendakian ringan yang menyuguhkan pemandangan laut spektakuler dari ketinggian.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours