Presiden Panama akan gelar KTT regional soal pilpres Venezuela

Estimated read time 1 min read

MEXICO CITY (Reuters) – Presiden Panama Jose Raul Mulino mengatakan pada Selasa bahwa ia berencana mengadakan pertemuan puncak 17 pemimpin Amerika Serikat untuk membahas “masalah Venezuela” setelah pemilihan presiden terbaru di negara itu. “Saya meminta Menteri Luar Negeri (Xavier) Martinez Acha untuk berbicara dengan rekan-rekannya di kawasan tentang undangan untuk mengadakan pertemuan (17) presiden untuk membahas Venezuela dan melihat apakah langkah yang diambil dapat diwujudkan dalam demokrasi. Masyarakat Negeri Persaudaraan Kita “Saya berharap dan yakin undangan tersebut akan segera diterima”, – Mulino X.

Mulino kemungkinan akan bergabung dengan 16 negara anggota Organization of American States (OAS) yaitu Argentina, Kanada, Chile, Kosta Rika, Ekuador, El Salvador, Amerika Serikat, Guatemala, Guyana, Haiti, Jamaika, Paraguay, yang menuntut penghitungan ulang di Peru, Republik Dominika, Suriname dan Uruguay.

Rakyat Venezuela memberikan suaranya dalam pemilihan presiden pada 28 Juli, dan Presiden petahana Nicolas Maduro menang dengan lebih dari 51 persen suara.

Pihak oposisi, mengacu pada surat suara yang mereka terima dari tempat pemungutan suara di seluruh negeri, menyatakan bahwa mereka meraih kemenangan besar.

Hal ini menimbulkan protes massal dari pihak oposisi. Lebih dari 2.000 orang ditahan atas tuduhan merusak infrastruktur negara, menghasut kebencian dan terorisme.

Sumber: Sputnik-OANA

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours