Gelar Rapimnas, FSPP Beri Sejumlah Masukan ke BUMN Perkeretaapian

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Federasi Serikat Pekerja Kereta Api (FSPP) menggelar rapat pengurus nasional (Rapimnas) pada Kamis (20/6), yang menghasilkan beberapa keputusan dan masukan. Hal itu terkait dengan stabilitas BUMN di bidang perkeretaapian serta kesejahteraan pekerja.

“Hal ini sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan perjanjian kerja bersama, serta ketentuan proses Good Corporate Governance (GCG) dalam pengelolaan tugas,” kata Presiden FSPP Eddie Surianto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (21/8). ). . 6/2024).

Eddy mengatakan FSPP mendukung kelanjutan perundingan dan pembuatan perjanjian kerja bersama (PKB) di perusahaan kereta api milik negara PT Industri Kereta Api (Persero) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI Group). Hal ini untuk menjaga hubungan industrial yang harmonis dan stabil. Bahkan dengan mengedepankan upaya kerja sama yang sesuai dengan norma hukum, unsur keadilan dan rasa hormat terhadap masing-masing negara, tambahnya.

Khusus untuk proses perundingan bersama di PT Industria Kereta Api, FSPP meminta Direksi mengabulkan permohonan usulan anggota perundingan berupa kompensasi yang diajukan SP-INKA. Menurutnya, penting untuk memberikan jaminan kesejahteraan pekerja dalam jangka panjang, seperti yang diharapkan oleh seluruh pemangku kepentingan.

ED menyebutkan, FSPP juga akan memberikan informasi kepada pemerintah terkait pemerataan pelayanan publik kepada BUMN di bidang perkeretaapian sehingga dapat menjaga kehadiran BUMN secara seimbang dan inklusif.

“Yang pasti bertujuan untuk menciptakan keunggulan dalam aspek pelayanan publik sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi dan juga untuk menjaga kedudukan BUMN dalam menjalankan tugasnya agar setiap korporasi sehat dalam menjalankan usahanya.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours