Juara IBL 2024 jadi gelar pertama Prastawa di Pelita Jaya Jakarta

Estimated read time 3 min read

Jakarta (ANTARA) – Juara Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2024 merupakan gelar pertama yang bisa diraih Pelita Jaya Jakarta Andakara Prastawa Dhyaksa setelah enam tahun bergabung dengan tim tersebut.

Dalam laman IBL yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin, pemain ketujuh itu tak bisa menyembunyikan raut bahagianya saat diklaim rekan satu timnya saat mampu mengalahkan Satria Muda Pertamina Jakarta di SC Indoor Stadium, Tangerang, Banten, Minggu (4 / 8), dengan rekor kemenangan -2-1 dalam format best of three.

Penantiannya sejak tahun 2018 untuk bergabung dengan Pelita Jaya memberinya kebahagiaan luar biasa karena bisa membantu tim meraih gelar juara, setelah finis runner-up IBL tiga kali berturut-turut.

“Ini bukan tentang saya. Ini semua tentang kerja sama tim,” kata Prastawa.

“Ini pertandingan yang gila, kami tidak bisa menang dengan mudah, saya sangat senang karena tim saya mampu mengambil langkah maju terutama di lini pertahanan, mereka percaya diri dari awal musim, Pelita Jaya bisa menang karena tim tahun ini Kuat,” tambah bek timnas basket Indonesia ini. Baca Juga: Juara Pelita Jaya IBL 2024 Prastawa mengaku performanya di final kurang bagus, namun karena tim tersebut memiliki pemain muda dan tua yang bagus, maka ia masuk tim. bermain dengan baik.

Ia memulai karir profesionalnya di Aspac pada musim 2012-13. Di akhir musim, ia terpilih sebagai “Rookie of the Year” dan menerima trofi kejuaraan IBL pertamanya.

Kemudian, pada musim 2013-14, pemain setinggi 1,73 meter itu juga membantu Aspac mempertahankan gelar juara liga.

Namun sejak saat itu Prastawa tidak pernah lagi meraih gelar IBL.

Pada 2018, pemain berusia 31 tahun itu meninggalkan Aspac dan bergabung dengan Pelita Jaya. Pebasket Pelita Jaya Jakarta Andakara Prastawa Dhyaksa (kanan) berusaha menghadang pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Ali Bagir Alhadar (kiri) pada laga ketiga final IBL 2024 di Stadion Indoor, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (4/8). /2024). Pelita Jaya Jakarta berhasil mengalahkan Satria Muda Pertamina Jakarta dengan skor 73-65 dan menang agregat 2-1 serta meraih gelar juara IBL 2024 ANTARA PHOTO/Galih Pradipta/tom. (ANTARA FOTO / GALIH PRADIPTA) Baca juga: Prastawa Pimpin Pelita Jaya Juarai Rans di Piala Indonesia 2022 Anehnya, saat Prastawa hengkang dari Aspac yang berganti nama menjadi Stapac, klub tersebut justru tampil sebagai juara IBL 2018-19. setelah mengalahkan Satria Muda di final.

Saat bergabung dengan klub residensial kebanggaan Jakarta, Pelita Jaya, Prastawa menjadi ikon tim dan pemimpin tim.

Ia mengantarkan Pelita Jaya ke final tiga kali berturut-turut, yakni pada 2021, 2022, dan 2023.

Namun tiga tahun itu harus berakhir dengan kekecewaan karena tim hanya mampu finis di posisi kedua.

Hingga akhirnya penantian panjang Prastawa berakhir pada tahun 2024. Trofi juara ketiga diraihnya, selain yang pertama bersama tim Pelita Jaya. Baca Juga: Youbel: Saya berharap pertandingan IBL musim depan berformat “best of five”. Baca Juga: Makna Kejuaraan IBL Bagi Pemain dan Pelatih Pelita Jaya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours