Protes kedatangan Netanyahu, 400 Yahudi AS tolak tinggalkan Kongres

Estimated read time 2 min read

Washington (Antara) – Sekitar 400 pengunjuk rasa berkumpul pada Selasa dan menolak meninggalkan gedung Kongres untuk memprotes kedatangan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Amerika.

Menurut Jewish Voice for Peace, sebuah kelompok advokasi Yahudi Amerika, mereka keberatan dengan pemerintahan Biden yang memasok senjata ke Israel untuk operasi militernya di Gaza. “Hampir 400 orang Yahudi Amerika menandai kedatangan Netanyahu dengan menolak meninggalkan Kongres sampai pemerintah kita mendengarkan keinginan rakyat dan berhenti memberikan senjata kepada Israel!” Kelompok advokasi mengatakan dalam sebuah ancaman yang diposting di platform media sosial X.

Postingan tersebut memuat gambar ratusan pengunjuk rasa yang duduk di lantai gedung Capitol dengan tulisan “Biden Yahudi: Berhenti mempermalukan Israel”, “Gencatan senjata segera”, dan “Biarkan Gaza hidup”.

“Sehari sebelum Perdana Menteri Israel Netanyahu berpidato di sidang gabungan Kongres dan beberapa hari sebelum dia bertemu dengan Presiden Joe Biden, kami di sini sekarang untuk menuntut embargo senjata. Kami menolak membiarkan pajak kami terus digunakan untuk mendanai genosida,” kata kelompok advokasi. Dia berkata.

Netanyahu tiba di Washington pada hari Senin untuk serangkaian pertemuan, termasuk pertemuan dengan Biden pada hari Kamis dan saingannya Donald Trump pada hari Jumat dan sesi gabungan Kongres pada Rabu malam.

Awal bulan ini, Israel dan Hamas melanjutkan pembicaraan mengenai gencatan senjata di Gaza dengan imbalan kembalinya sandera Israel.

Pembicaraan tersebut terhenti sejak Mei, ketika Biden mengumumkan rencana perjanjian gencatan senjata di Gaza dan pertukaran sandera.

Sumber: Sputnik-OANA

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours