Jakarta Pusat monitor kesiapan Program Kampung Iklim RW 04 Duri Pulo

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Pemerintah Kota Jakarta Pusat akan memantau dan memverifikasi kesiapan warga RW 04 Kelurahan Duri Pulo, Kabupaten Gambir, untuk mengikuti evaluasi Program Kampung Iklim DKI Jakarta (PROCLAM) pada tahun 2024. Asisten ekonomi dan pembangunan. Sekretaris Pemerintahan Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Genting menegaskan, Proklamasi bukanlah kompetisi melainkan endorsement di bidang RW yang hasilnya berupa evaluasi untuk menentukan kategori prakiraan Proklamasi.

“Rencananya penjurian akan dilakukan pada awal Agustus 2024. Ini bukan kompetisi yang memperebutkan juara satu, dua, dan tiga. Akan ada kategori yang disebut validasi, kalau itu Jadilah di medium proklamasi. , kategori original atau berkelanjutan, kata Genting di Jakarta, Senin.

Genting mengatakan, pihaknya memantau kesiapsiagaan dari berbagai aspek penilaian, termasuk implementasi, mitigasi, dan manajemen. Pada sisi implementasi terdapat tiga komponen yaitu pengendalian kekeringan, banjir dan tanah longsor.

Lalu ada empat bidang di sisi pengurangan, yakni pengelolaan sampah, sampah padat dan cair, pemanfaatan energi baru terbarukan, konservasi, dan konservasi energi.

Kemudian praktikkan pertanian rendah gas rumah kaca (GRK) dan tingkatkan atau pertahankan tutupan tanaman.

Sedangkan dari sisi kelembagaan terdapat tujuh departemen, antara lain bank sampah, pemantau jentik (Jamantik), Poziando, kelompok tani atau perempuan tani, Daswisma, karang taruna, dan kelompok kerja (Pokja) Proklamasi.

“Kita akan periksa berdasarkan indikator-indikator yang ada di checklist. Kita harus lihat semua indikatornya,” kata Genting.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat Salim Riazi menambahkan, Tim Penilai Provinsi DKI Jakarta rencananya akan mengunjungi pengukuhan RW 04 Duri Pulo pada Kamis (1/8).

Slamite berharap pemeriksaan tersebut memperkuat seluruh aspek penilaian.

“Mereka perlu mempersiapkan diri dengan baik, termasuk menyiapkan materi presentasi dan menyambut tim,” kata Slamite.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours