3 Mitos vs Fakta Bercinta Pakai Kondom yang Harus Pasutri Ketahui

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang wajib Anda gunakan sebelum berhubungan seks. Selain mencegah kehamilan, penggunaan kondom juga dapat menurunkan risiko infeksi menular seksual.

Namun tidak sedikit pasangan suami istri yang enggan menggunakan kondom saat berhubungan seks. Pasalnya, banyak mitos mengenai kondom yang membuat mereka merasa risih memilih tidak menggunakan alat kontrasepsi.

Konselor sekaligus pendidik seks Fabricky Yahya menjelaskan, kondom merupakan alat kontrasepsi yang paling cocok untuk mencegah penyakit menular seksual jika digunakan dengan benar. Oleh karena itu, banyak mitos mengenai kondom di kalangan masyarakat yang perlu diluruskan.

Mitos dan Fakta Kondom 1. Febriski mengatakan kondom bisa dimasukkan ke dalam vagina. Pemandangan menakutkan itulah yang membuat wanita ragu untuk jatuh cinta dengan pasangan yang menggunakan kondom.

Padahal, jelas Febrisky, sangat sulit meninggalkan kondom di dalam vagina, apalagi saat berhubungan intim.

“Dari mereka yang menggunakan kondom 100 persen, hanya 2 persen yang keluar dari vagina. “Bisa jadi karena penganiayaan dan pendidikan yang kurang,” jelas Fabriski saat ditemui baru-baru ini di Blok M, Jakarta Selatan.

2. Wajib menggunakan 2 buah kondom, sehingga menggunakan dua buah kondom agar tidak bocor dipercaya dapat memberikan keamanan ekstra dalam bercinta. Namun, ini hanyalah mitos belaka.

Faktanya, menggunakan dua kondom sekaligus saat berhubungan intim bisa merusak kondom itu sendiri. Selama Anda menggunakan dan menyimpan kondom dengan benar, kondom tidak akan bocor meski hanya menggunakan satu lapis.

“Anda tidak bisa menggunakan kondom ganda karena akan bocor. “Kemungkinan besar kondomnya akan robek,” jelas Febrisky.

3. Kondom bisa menyebabkan ejakulasi dini. Banyak yang percaya bahwa kondom dapat menyebabkan pria mengalami ejakulasi dini sehingga menurunkan performanya.

Faktanya, kondom ternyata bisa memperpanjang ejakulasi pria sehingga bisa tampil lebih baik saat berhubungan intim.

“Dalam penelitian justru sebaliknya. Beberapa orang merasa lebih baik dan bertahan lebih lama saat menggunakan kondom. “Kondom bisa meningkatkan performa seksual,” kata Febrisky.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours