7 Manfaat Ikut Ekstrakurikuler Pramuka, Peluang Beasiswa hingga Masuk PTN Tanpa Tes

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Berikut 7 manfaat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Ternyata mengikuti kegiatan ekstrakurikuler mempunyai banyak manfaat. Khususnya bagi siswa SMA dan SMK yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Artikel kali ini akan membahas manfaat kepramukaan secara detail, yuk simak!

7 Manfaat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

1. Hidup lebih fokus

Dalam Pramuka dikenal adanya Dasa Dharma atau 10 Keutamaan yang menjadi pedoman praktis bagi setiap anggota Pramuka.

Anggota harus menerapkan semua prinsip ini dalam kehidupan sehari-hari mereka. Oleh karena itu, Dharma 1 sampai Dharma 10 hendaknya menjadi jalan hidup atau pedoman atau jalan hidup.

2. Lebih banyak multitasking dan fleksibilitas

Melalui SKU, SKK dan SPG, kami mendidik pramuka untuk menekuni berbagai keterampilan dan membekali berbagai keterampilan kepramukaan. Proses pelatihan ini terstandar dan mencakup berbagai keterampilan mulai dari keterampilan umum, khusus, dan Garuda. Hendaknya para anggota Pramuka menjadi orang-orang serba bisa yang mampu menghadapi berbagai persoalan.

3. Bergabunglah dengan komunitas internasional

Tahukah kamu kalau Pramuka juga punya event internasional? Jambore Pramuka Dunia diadakan setiap empat tahun sekali. Ada tantangan antar negara selama acara ini. Dengan mengikuti kegiatan ini, siswa dapat membuat portofolio dan resume.

4. Menjadi lebih mandiri dan mempunyai kehidupan yang lebih kuat

Melalui kegiatan perkemahan, setiap Pramuka diajarkan untuk mandiri dalam berbagai hal. Misalnya saja mulai mempersiapkan rencana berkemah, perlengkapan yang perlu dibawa, tim atau anggota tim yang terlibat, tujuan berkemah, dan proses menuju lokasi perkemahan. Semuanya direncanakan secara mandiri.

Dengan mengikuti Pramuka, Anda akan lebih mudah beradaptasi dan tidak mudah menyerah saat mengikuti aktivitas alam seperti mendaki gunung dan wisata alam.

5. Berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat

Salah satu daya tarik Pramuka yang dapat Anda masukkan ke dalam portofolio Anda adalah berpartisipasi dalam pelayanan kepada komunitas Anda. Layaknya relawan, Pramuka kerap ikut serta dalam penanggulangan bencana, bekerja sama dengan kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia untuk mengatasi kemacetan lalu lintas pada waktu-waktu tertentu.

6. Masuk ke perutean PTN, tidak perlu tes

Banyak PTN dan PTS yang membuka pintu masuk yang belum teruji bagi anggota Pramuka. Banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menawarkan jalur khusus bagi anggota Pramuka, misalnya:

• Universitas IPB

• Universitas Nasional Malang (UM)

• Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

• Universitas Negeri Cerberas Maret (UNS)

• UIN Sunan Gunung Djati,

• Universitas Syariah Kuala (USK)

•Universitas Lampung (Unila)

•Universitas Lankakunin (ULK).

7. Mendapatkan beasiswa

Ada juga Perguruan Tinggi Negeri yang memberikan beasiswa kepada siswa SMA/SMK yang aktif di Pramuka. Seperti Universitas Teknologi Bandung, ia menawarkan beasiswa kepada pengelola Pramuka.

Selain itu, tersedia pula beasiswa Penegakan Hukum Pramuka Nasional dan Dewan Pos Pendegar (DKN) bagi anggota Pramuka. Selain itu, banyak perguruan tinggi swasta yang menawarkan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi. Pertama, jika Anda pandai Pramuka.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours