Kisah Danielle Kelly dari Ring Girl Menjelma Bintang Brazilian Jiu-Jitsu

Estimated read time 3 min read

Kehilangan pasangan di usia muda bukanlah hal yang mudah, namun ratu grappling ONE Championship Danielle Kelly telah melalui segalanya untuk mencapai puncaknya. Pemegang sabuk hitam Jiu-Jitsu (BJJ) Brasil ini menemukan cara hidup yang lebih baik dalam seni bela diri Brasil, yang mempromosikannya ke kancah internasional.

Lahir dan besar di Philadelphia, Pennsylvania, Kelly adalah anak yang pemalu dan pendiam. Ayahnya mengajarinya bertarung karate ketika dia berusia 10 tahun. Namun perjalanan ke dojo yang jauh menjadi masalah bagi orang tuanya. Pada akhirnya, mereka memutuskan untuk membawa Kelly ke akademi BJJ terdekat.

Awalnya Kelly sempat bermasalah dengan kompetitor wanita dan kerap menyerang rekan prianya sepanjang kompetisi, sebelum akhirnya jatuh cinta pada BJJ. Namun, Kelly tiba-tiba kehilangan kedua orang tuanya karena sakit. Ayahnya didiagnosis menderita kanker, dan dia tumbuh besar menyaksikan ayahnya melawan penyakit tersebut.

Kehilangan kedua orang tua dekatnya membuat Kelly sangat sedih. Namun, kecintaannya pada BJJ membantunya mengubah kesulitan tersebut menjadi hal yang positif. Ayahnya selalu mendukung langkahnya di dunia BJJ, meski kepergian mereka juga membawa masalah bisnis.

Untuk bertahan hidup, Kelly bekerja sebagai penyanyi untuk seorang promotor di Amerika. Hidupnya mulai berubah pada tahun 2020 ketika ia menerima sabuk BJJ di bawah bimbingan Karel “Silver Fox” Pravec. Sejak saat itu, Kelly menjadi pemain utama dalam dunia ekspor ke Amerika.

Pada usia 26 tahun, Kelly telah melawan beberapa grappler terbaik di dunia, termasuk beberapa Juara Dunia IBJJF Sofia Amarante, yang ia kalahkan di punggungnya. Dia juga memiliki kemenangan atas veteran seni bela diri seperti legenda UFC Carla Esparza, Roxanne Modafferi, dan Cynthia Calvillo, menjadikannya salah satu petarung paling ditakuti di dunia.

Penampilannya menarik perhatian Presiden dan CEO ONE Championship, Chatri Sityodtong, yang mengumumkan masuknya Kelly ke House of Martial Arts pada tahun 2022. Penampilannya di program ONE X menampilkan pertandingan melawan veteran MMA Jepang, Mei Yamaguchi, di pertandingan tersebut. di sana. menggambar

Namun Kelly langsung meraih kemenangan pertamanya dalam laga melawan juara Sambo, Mariia Molchanova, secara back di ronde pertama. Beberapa bulan kemudian, ia menang dengan poin melawan atlet MMA Jepang Ayaka Miura di ONE Fight Night 4: Abbasov vs. Lee. Kemenangan ini menempatkan Kelly dalam jalur menuju gelar juara dunia untuk sabuk divisi ONE Women’s Atomweight Submission Grappling.

September lalu di ONE Fight Night 14, Kelly mengalahkan Jessa Khan demi Kejuaraan Dunia, namun tidak melalui submission. Ia menunjukkan dominasi atas seseorang yang mengalahkannya di masa lalu untuk merebut sabuk juara.

Kelly akan mempertahankan gelar pertamanya melawan Mayssa Bastos di ONE Fight Night 24 pada Sabtu awal Agustus (4/8/2024). Bastos, atlet asal Brasil, dianggap sebagai lawan terberatnya hingga saat ini. Pertarungan antara Kelly dan Bastos akan mencuri perhatian para praktisi BJJ di seluruh dunia, dan akan melengkapi promosi utama ONE Fight Night 24.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours