Pemkab Bogor gaungkan slogan “Keep Puncak Beautiful Euy!”

Estimated read time 3 min read

Kabupaten Bogor (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kembali mengulang slogan “Biar Puncak Indah Eui!” kepada semua kalangan dalam upaya penataan kawasan wisata Punchak.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor Ayat Rohmat Jatnika di Cibinong, Senin, mengutarakan slogan tersebut sebagai seruan untuk bersama-sama menata kawasan Puncak.

“Seruan untuk menata Punchak dengan bahasa yang sederhana akan membawa Punchak kembali ke keadaan yang lebih baik dan berkelanjutan,” kata Ayat.

Slogan yang memuat kalimat “Ayo kita jadikan Punchak kembali sebagai destinasi wisata nasional” kerap terpampang di spanduk dan videotron di kawasan Punchak.

Ayat menjelaskan, salah satu elemen masyarakat yang terlibat dalam upaya penyelenggaraan Punchak yaitu Bank Pohon Nusantara menggandeng Pemerintah Kabupaten Bogor untuk melakukan perawatan tunas merah di sepanjang jalur Punchak.

Ia menekankan pentingnya pelibatan berbagai pihak dalam pengembangan kawasan Punchak yang dilaksanakan Pemkab Bogor mulai Juni 2024, dimulai dengan pemindahan PKL atau PKL ke rest area Gunung Mas.

“Pesan saya, inti kegiatannya bukan pengendalian tapi penataan, sehingga harus berkelanjutan,” ujarnya.

Pemkab Bogor juga telah mengusulkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) penyediaan sejumlah fasilitas umum di kawasan wisata Punchak.

Sejumlah kebutuhan penataan Puncak diusulkan melalui Wakil Presiden Ma’ruf Amin, seperti pagar pengaman atau pagar pembatas, peningkatan kualitas jalan berupa pelebaran dan renovasi jalan, pejalan kaki, taman, anjungan observasi. dan dinding penahan.

Kemudian dari sisi keselamatan dan keamanan, Pemerintah Kabupaten Bogor mengusulkan pemasangan lampu lalu lintas dan lampu jalan umum atau PJU.

Selain itu, Pemkab Bogor juga perlu memperluas Rest Area Gunung Mas yang lahannya milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN), dari semula 7 hektar, diusulkan tambahan 4 hektar.

“Harus ada titik temunya juga, tujuannya untuk memantau sambungan lalu lintas hingga bencana. Kemudian ada pusat informasi, panel kendali untuk pengendalian lalu lintas,” kata Ayat.

Pemerintah Kabupaten Bogor kini berupaya menata kawasan wisata Puncak, dimulai dengan relokasi PKL ke rest area Gunung Mas pada Senin (24/7).

Menertibkan lapak para pedagang tersebut, Pemkab Bogor menebang 329 bangunan di sepanjang Jalan Punchak, terdiri dari 185 bangunan dari Gantola hingga Rest Area Gunung Mas dan 144 bangunan dari Simpang Taman Safari Indonesia hingga Rest Area Gunung Mas.

Saat ini, terdapat 194 PKL lainnya yang akan direlokasi ke rest area dengan menertibkan lapaknya di sepanjang jalur Punchak.

Pemkab Bogor memastikan perekonomian para pedagang kaki lima atau pedagang kaki lima di kawasan wisata tersebut menjadi lebih baik setelah pindah ke rest area Gunung Mas.

Pembangunan rest area di lahan seluas 7 hektare milik PT Perkebunan Nusantara akan dilaksanakan mulai tahun 2020-2021.

Gunung Mas Resort mempunyai kapasitas 516 kios yang terdiri dari 100 kios untuk pedagang basah seperti sayur mayur dan buah-buahan, dan 416 kios untuk pedagang kering seperti oleh-oleh dan jajanan. Tiap kios memiliki luas 11 meter persegi, baik basah maupun kering.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours