Bacagub Jateng Eko Suwarni Siapkan Langkah Strategis Tekan Kemiskinan

Estimated read time 2 min read

SEMARANG – Calon Gubernur Jawa Tengah (Bakagub) Eko Suwarni optimis mampu mengentaskan kemiskinan di Jawa Tengah. Sejumlah langkah strategis telah disiapkan jika mereka dipercaya memimpin provinsi ini pada Pilkada Pemerintahan Jawa Tengah 2024.

Selain keakuratan data, Eko Suwarni yang saat ini menjabat sebagai Kepala Jaksa Kejaksaan Agung (Kejagung) juga berjanji akan memantau bansos yang tersedia untuk mencegah penipuan.

“Selangkah demi selangkah, kemiskinan tidak bisa langsung hilang,” kata Eko Suvarni dalam keterangannya, Sabtu (20/7/2024).

BPS mencatat jumlah penduduk miskin di Jawa Tengah mencapai 3,70 juta orang pada Maret 2024, turun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 3,79 juta orang.

Menurut Eco, upaya penurunan kemiskinan yang pertama adalah koordinasi seluruh daerah dalam sinkronisasi data penduduk miskin. Menurut dia, perlu adanya penyediaan data jumlah penduduk miskin yang akurat.

“Pendataan yang akurat perlu dilakukan mulai dari tingkat RT dan RW,” imbuhnya.

Upaya lainnya, lanjutnya, adalah memastikan penyaluran bansos tetap tepat sasaran sesuai data yang telah dikumpulkan secara detail.

“Jangan sampai terjadi penipuan dan jangan mengurangi nilai bansos yang disalurkan, nanti penyalurannya lalai atau lalai karena korupsi,” ujarnya.

Upaya lain untuk mengurangi kemiskinan, lanjutnya, adalah dengan mendorong sektor UMKM untuk mengurangi pengangguran.

Jaksa Agung di Kejaksaan Agung, yang ditugaskan di Kementerian Pekerjaan Umum, memiliki pengalaman sepuluh tahun di bidang penegakan hukum.

Semasa berkarier sebagai jaksa, Eko Suvarni juga menorehkan prestasi seperti turut serta langsung dalam eksekusi narapidana narkoba.

Selain itu, penanganan kasus terorisme, penanganan kasus bansos di Kementerian Pertanian, dan pengawasan proyek-proyek strategis di kementerian dan lembaga.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours