Ilmuwan Berhasil Ungkap Ikan Berstruktur Tubuh seperti Kapal Selam

Estimated read time 2 min read

BERLIN – Para ilmuwan telah memecahkan misteri salah satu makhluk laut paling aneh, yang disebut “ikan alien taco”.

Seperti diberitakan Metro, ikan yang secara ilmiah dikenal dengan nama Odaraia ini merupakan makhluk yang sangat aneh dengan mata besar, cangkang berbentuk taco, dan ekor yang menyerupai kemudi kapal selam.

Namun sebuah penelitian baru menemukan dua rahang pada fosil Odaraia, menjadikannya salah satu nenek moyang paling awal dari sebagian besar hewan di Bumi saat ini.

500 juta tahun setelah makhluk-makhluk ini menjelajahi lautan kita, ahli biologi evolusi Alejandro Izquierdo-López Odaraia memimpin penelitian yang mengungkap biologi aneh Odaraia.

Alejandro dari University of Toronto menjelaskan: “Odaraia adalah arthropoda, tidak jauh berbeda dengan kepiting atau udang.

“Makhluk ini memiliki tubuh panjang dengan sepasang mata besar, sepasang ‘rahang’ di mulutnya, dan sekitar 30 pasang kaki. Ekornya terlihat persis seperti kemudi kapal selam atau ekor hiu.’

“Separuh tubuhnya ditutupi perisai atau baju besi, dan dia berbentuk seperti tabung, atau ‘taco’ begitu kami menjulukinya.

Menurut Museum Royal Ontario, klasifikasi Odaraia “membingungkan” bagi para ilmuwan, namun berkat ahli paleontologi yang mempelajari fosilnya dan menemukan rahangnya, makhluk tersebut kini dapat secara resmi diklasifikasikan sebagai mandibula.

Sekitar 150 fosil yang dikumpulkan antara tahun 1975 dan 2000 dianalisis untuk penelitian yang menghasilkan penemuan besar ini.

Odaraia pertama kali ditemukan pada tahun 1910-an di Burgess Shale di British Columbia, Kanada.

Alejandro dan rekan penulisnya, ahli paleontologi Jean-Bernard Caron, menerbitkan penelitian mereka di jurnal Proceedings B.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours