Nelayan Diimbau Waspada, Gelombang Tinggi hingga 4 Meter Berpotensi Landa Sejumlah Perairan

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terjadinya air pasang di beberapa wilayah perairan pada 31 Juli hingga 1 Agustus 2024. Pasang surut dipengaruhi oleh pola angin.

Di wilayah Indonesia bagian utara, pola angin biasanya dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin antara 8-15 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan biasanya 8-25 knot bergerak ke arah timur-tenggara dengan kecepatan angin antara

BMKG dalam keterangan resminya, Rabu (31/1), mengatakan kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Selatan Banten, Selat Makassar bagian Selatan, Laut Flores, Perairan Kepulauan Tanimbar, dan Laut Araufru. .” 7). /2024).

BMKG mengungkapkan, situasi tersebut menyebabkan gelombang gelombang 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi di perairan utara Pulau Sabang; Perairan Barat Kepulauan Aceh-Mentawai; Air Bengkulu; Kepulauan Aceh-Nias Samudera Hindia Barat; Selat Bali Selatan-Lombok-Alas; Laut Sabu; perairan selatan Pulau Sumba; Kupang-pulau rot air; Samudera Hindia Bagian Selatan, NTT; Laut Jawa Tengah dan Timur; perairan utara Jawa Timur; Laut Bali; Laut Sumbawa; Selat Makassar Selatan; Perairan Pulau Sablana-Pulau Selayre; Lautan Bunga; Perairan Bau Bau-Pulau Wakatobi; manui—air pusat; Perairan Pulau Buru-Pulau Seram; Laut yang Mengerikan; Kelompok Hebat; Perairan Kepulauan Kai-Kepulauan Aru; Perairan Pulau Sarmata-Pulau Tanimber; Laut Arafura

Selain itu, air pasang setinggi 2,5-4 meter berpeluang terjadi di perairan Pulau Anggano, perairan sebelah barat Lampung; Kepulauan Mentawai-Lampung Samudera Hindia Barat; barat dan selatan Selat Sunda; perairan selatan Pulau Jawa-Sumbawa; Samudera Hindia Selatan Banten-NTB.

BMKG memperingatkan kemungkinan terjadinya air pasang di banyak wilayah dapat membahayakan keselamatan lalu lintas. “Kami meminta masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah dan melakukan aktivitas di pesisir pantai yang kemungkinan besar akan terjadi air pasang, untuk selalu waspada.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours