Olimpiade esports akan digelar di Arab Saudi

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengumumkan kemitraan dengan Komite Olimpiade Nasional (NOC) Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2025.

Langkah maju ini diumumkan IOC ketika Dewan Eksekutif IOC mengusulkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Esports.

Usulan ini akan disampaikan pada sidang IOC jelang Olimpiade Paris 2024.

Kerja sama antara IOC dan NOC Saudi telah berlangsung selama 12 tahun dan Olimpiade Esports diadakan secara rutin.

“Kami sangat beruntung bisa bekerja sama dengan NOC Saudi dalam olahraga Olimpiade. Mereka mempunyai pengetahuan yang besar di bidang olahraga – bahkan terspesialisasi – dengan seluruh pemangku kepentingan. Olahraga Olimpiade akan mendapatkan manfaat besar dari pengalaman ini,” ujarnya. Presiden Olimpiade Thomas Bach, seperti dilansir situs resmi Olimpiade, mengatakan pada hari Jumat.

“Melalui kemitraan kami dengan NOC Arab, kami memastikan bahwa nilai-nilai Olimpiade dihormati, terutama melalui judul permainan program, mempromosikan kesetaraan gender dan komitmen kepada penonton muda yang memiliki minat terhadap olahraga.”

HRH Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal, Menteri Olahraga dan Presiden Komite Olimpiade dan Paralimpiade Arab Saudi, menyambut baik terciptanya era baru olahraga internasional bersama IOC.

“Kami percaya bahwa berpartisipasi dalam Olimpiade adalah salah satu kehormatan terbesar yang dapat dicapai oleh olahraga apa pun. Dan kami bangga menulis babak baru dalam sejarah Olimpiade yang akan menginspirasi impian dan aspirasi baru bagi jutaan atlet di seluruh dunia,” kata Abdulaziz. .

“Sebagai Olimpiade ‘olahraga’ yang pertama, tentu banyak hal yang harus dipikirkan dan direncanakan bersama IOC, namun kami berkomitmen untuk menciptakan acara khusus yang merayakan dan menghormati nilai-nilai Olimpiade. pengembangan olahraga bersama.”

“Dunia akan mendapat undangan terbuka untuk bergabung dengan kami pada tahun 2025 dan merayakan momen ini bersama-sama.”

Kerja sama ini terjadi pada saat olahraga berkembang pesat, didorong oleh perubahan sosial dan ekonomi yang dicapai Arab Saudi di negaranya melalui Visi 2030.

Mulai tahun 2018, pemerintah Arab Saudi telah berjanji untuk menjadi tuan rumah acara olahraga besar global yang dijadwalkan selama lebih dari setahun.

Ini menjadi tuan rumah hampir 100 acara olahraga internasional, menarik lebih dari 2,6 juta penggemar olahraga termasuk olahraga, sepak bola, balap motor, tenis, berkuda dan golf.

.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours