3 Alasan Jurusan Teknik Banyak Diminati Lulusan SMA/SMK, Peluang Kerja Lebih Luas?

Estimated read time 3 min read

Jakarta – Berikut 3 alasan mengapa gelar insinyur banyak diminati oleh lulusan SMA/karir yang harus Anda ketahui. Saat ini banyak program studi di perguruan tinggi termasuk kedokteran, farmasi, teknik dan masih banyak program studi lainnya yang diketahui sangat populer di kalangan calon mahasiswa.

Selain mata kuliah tersebut, ada satu lagi jurusan perguruan tinggi yang diminati banyak orang yaitu jurusan teknik. Laporan dari website LP3I untuk karir bisnis dan teknologi, artikel kali ini akan membahas setidaknya 3 alasan terbesar mengapa gelar insinyur banyak diminati oleh lulusan SMA/karir, simak yuk!

3 Alasan Mengapa Arsitek Begitu Populer

1. Memiliki ilmu yang luas dan mengaplikasikannya

Salah satu alasan mengapa Departemen Arsitektur begitu populer di kalangan mahasiswa pascasarjana/profesional adalah luasnya pengetahuan dan kebutuhan akan penelitian arsitektur. Bidang arsitektur tidak hanya menawarkan ide tetapi juga banyak peluang bermanfaat.

Proyek akan dikembangkan dalam bentuk analisis. Padahal, baik hard skill maupun soft skill menunjang kesuksesan karir di masa depan.

2. Memiliki lebih banyak kesempatan untuk bekerja

Alasan lain mengapa gelar teknik banyak diminati adalah banyaknya kesempatan kerja. Keahlian khusus adalah kesempatan Anda untuk diakui di perusahaan atau organisasi. Dunia kerja pasti membutuhkan lebih banyak teknisi.

3. Lulusan mempunyai kemampuan mental dan fisik yang baik

Seperti yang kita ketahui bersama, mahasiswa arsitektur banyak mendapat latihan baik praktek, PR maupun teori, sehingga mahasiswa arsitektur harus berlatih dengan sabar.

Pikiran yang jernih, analitis, dan keterampilan pengambilan keputusan yang baik diperlukan jika Anda ingin lulus dari bidang teknik. Banyak orang yang mengatakan bahwa lulusan teknik memiliki masa depan cerah setelah lulus kuliah.

Jumlah kelas konstruksi yang Anda suka

1. Arsitektur

Apakah Anda ingin menjadi spesialis infrastruktur? Anda dapat memilih jurusan teknik sipil yang menawarkan keahlian dalam merancang, membangun, dan meningkatkan infrastruktur seperti jalan, gedung, jembatan, dll.

2. Teknik Mesin

Siswa SMK lebih memilih belajar teknik mesin karena mempunyai pengalaman praktis dan pengetahuan di sekolah sebelumnya. Ya, Anda akan belajar tentang prinsip-prinsip fisika dalam analisis, desain, pengoperasian dan pemeliharaan mesin. Departemen teknik elektro juga merupakan mata pelajaran yang Anda pelajari seperti mekanika, termodinamika, penanganan material, dll.

3. Teknik Industri

Apakah Anda sedang mencari karir sebagai Manajer Produksi atau Manajer Biaya di perusahaan terkenal? Mungkin Anda harus mempelajari industri ini. Anda akan mempelajari banyak hal tentang sistem manajemen industri, termasuk cara kerja mesin. Lulusan industri banyak diminati dalam dunia kerja dimana dibutuhkan tenaga terampil di industri kecil maupun besar.

4. Listrik

Sebagai salah satu mata kuliah teknik tertua di Indonesia, teknik elektro masih menjadi mata kuliah yang digemari mahasiswa. Ilmu yang dipelajari di jurusan teknik elektro adalah struktur elektron yang disebut dengan listrik. Prospek kerja lulusan pilihan mereka sangat tinggi untuk Teknisi Radar, Teknisi Komunikasi, Navigasi dll.

5. Teknik Kimia

Bahan yang dipelajari pada jurusan teknik kimia merupakan pengolahan bahan mentah dan bahan kimia yang dapat diubah menjadi produk yang berguna atau bernilai komersial. Peluang karir bagi lulusan teknik kimia sangat luas, seperti di industri kimia dan farmasi. Anda juga dapat memilih karir sebagai peneliti atau konsultan sesuai kebutuhan industri.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours