7 Rekomendasi Film Horor Indonesia yang Terinspirasi Kisah Urban Legend

Estimated read time 5 min read

JAKARTA – Indonesia punya beberapa cerita seram dari urban legenda yang kerap diangkat menjadi film horor. Kisah-kisah tersebut seringkali mengandung unsur mistis dan horor yang bisa membuat Anda merinding.

Film horor Indonesia yang terinspirasi dari urban legenda ini berhasil menarik perhatian banyak penonton karena selain seram juga menampilkan kekayaan budaya lokal. Kisah-kisah tersebut biasanya diwariskan secara turun-temurun dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Tak heran, banyak sineas Indonesia yang tertarik mengangkat kisah ini ke layar lebar.

Berikut 7 rekomendasi film horor Indonesia yang diadaptasi dari cerita urban legenda.

Film horor Indonesia yang terinspirasi dari cerita urban legenda1. Paku Tanah Jawa (2024) Film Paku Tanah Jawa resmi rilis di bioskop Indonesia pada 6 Juni 2024. Film ini menceritakan kisah yang berawal dari urban legenda terkenal di Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah.

Film ini merupakan hasil produksi kolaborasi Indonesia dan Malaysia yang disutradarai oleh Bambang Dryas dan Dato KK Chua. Film ini siap membuat penonton merasakan ketegangan di setiap adegannya.

Paku Tana Jawa dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris ternama seperti Masayu Anastasia sebagai Handini, Ibu Ningrum, Giselma Firmancia sebagai Ningrum, Wafda Saifan sebagai Jalu, Wanda Hamida sebagai Dayu, Ismi Melinda sebagai Ajeng, Preet Timothy sebagai Kyai dan Badria Afi.

Film Paku Tanah Java mengisahkan perjalanan hidup Ningrum yang diperankan oleh Giselma Firmancia. Ningrum adalah seorang gadis yang sejak kecil harus menghadapi opini bias dari masyarakat sekitar. Selalu beredar rumor bahwa ibunya, Handini, memiliki banyak pria sebagai syarat menikah, membuat kehidupan Ningrum penuh dengan prasangka buruk dari warga desa.

Keadaan semakin parah dengan meninggalnya teman dekat Handini sehingga menambah tekanan dan kecurigaan masyarakat terhadap keluarga Ningrum. Ketegangan meningkat ketika Ningrum mengetahui bahwa Jalu, pria yang diam-diam dia cintai, telah dipenjara sebagai korban terbaru dari praktik sihir ibunya.

Ningrum pun menghadapi beberapa kengerian supernatural yang terus menghantui keluarganya. Dalam pencarian jawabannya, Ningrum mendapat petunjuk dan meminta bantuan Kyai. Sang Kyai menghadiahkan kepada Ningrum sebuah tombak sakti bernama Paku Tanah Jawa, sebuah senjata yang diyakini mampu menghancurkan ilmu hitam yang mengancam nyawa mereka.

2. Sinden Gaib (2024) Sinden Gaib merupakan film horor yang dirilis pada tahun 2024 dan disutradarai oleh Faozan Rizal. Film ini diproduksi oleh Starvision dan Evergreen Pictures yang dibintangi oleh Sara Fajira, Riza Syah dan Dimas Aditya. Film ini akan mulai tayang di bioskop Indonesia pada 22 Februari 2024.

Film ini berdasarkan kisah nyata yang terkenal di daerah Vatu Terkadang Trengalek.

Film ini berkisah tentang seorang perempuan bernama Ayu yang tiba-tiba mempunyai kemampuan menjadi penyanyi di desanya, menyanyikan lagu-lagu Jawa yang bernuansa mistis. Ayu ternyata memiliki hubungan spiritual dengan makhluk halus sinden misterius bernama Sarinten yang tinggal di Watu Kandang, Trengalek. Seiring berjalannya waktu, arwah Sarinten menyatu dengan Ayu, dan hingga saat ini arwah tersebut diyakini masih bersemayam di dalam tubuh Ayu.

3. Trinil: Return My Body (2024) Trinil: Return My Body merupakan film horor yang juga akan rilis pada tahun 2024 yang disutradarai oleh Hanung Bramantio. Diproduksi oleh Dapur Film, film ini dibintangi oleh Carmela van der Crook, Ranga Natra dan Fatah Amin. Film ini akan mulai tayang di bioskop-bioskop di Indonesia pada 4 Januari 2024.

Ceritanya tentang Rara dan Sutan, sepasang suami istri yang baru menikah, yang kembali ke rumah Rara di perkebunan teh setelah pernikahan mereka. Peristiwa mistis mulai menghantui Rara, antara lain gangguan sosok gaib saat mandi dan seringnya mati lampu.

Sutan kemudian memanggil Yusof, seorang pengusir setan. Ritual yang dilakukan Yusof melahirkan roh perempuan yang mencari tubuhnya dan menyebut nama depan Rara, Trinil. Kisah cinta segitiga masa lalu antara Trinil, Bagus Sujivo dan Kutirah, ibu dan anak yang mencintai Bagus terungkap.

4. Munkar (2024) Munkar adalah film horor tahun 2024 yang disutradarai oleh Angi Umbara. Film ini diproduksi oleh MD Pictures dan Pichouse Films yang dibintangi oleh Adisti Zara, Ratu Sofia dan Saskia Chadwick.

Film ini akan mulai tayang di bioskop Indonesia pada 7 Februari 2024. Berkisah tentang hantu perkotaan yang memiliki pengalaman nyata di sebuah pesantren di wilayah Lamongan, Jawa Timur.

Ceritanya tentang Herlina, seorang siswi yang sering di-bully oleh teman-temannya, yang meninggal karena kecelakaan saat melarikan diri dari mereka. Tak terima dengan kematian anaknya, orang tua Herlina mencari bantuan dukun untuk menghidupkan kembali semangat Herlina agar bisa membalas dendam pada teman-temannya di pesantren.

5. Rumah Kaliurang (2022) Rumah Kaliurang merupakan film rilisan tahun 2022 yang disutradarai oleh Dwi Sasono dan Dondy Adrian. Film ini bercerita tentang sebuah rumah misterius di Kaliurang, Yogyakarta yang sering dianggap angker.

Fokusnya adalah pada lima orang sahabat yang mengalami kecelakaan saat berlibur dan harus singgah di sebuah rumah di Kaliurang. Kengerian mulai terjadi ketika mereka mengalami kejadian aneh dan tidak bisa keluar rumah.

6. Kuntilanak (2006) Kuntilanak adalah film yang dirilis pada tahun 2006 dan disutradarai oleh Rizal Mantovani. Film ini dibintangi oleh Julie Estelle, Evan Sanders dan Ratu Felisha. Sekuel film tersebut, Kuntilanak 2 dan Kuntilanak 3 dirilis pada tahun 2007 dan 2008.

Kuntilanak mengeksplorasi mitos Kuntilanak sebagai urban tale yang sudah melegenda di Indonesia. Film ini bercerita tentang hantu yang tinggal di pohon ara depan sebuah rumah kos. Samantha yang mengalami tragedi keluarga memutuskan untuk tinggal di rumah kos yang berhantu. Kejadian aneh mulai menghantui Sam, termasuk kemunculan Kuntilanak.

7. Jelangkung (2001) Jelangkung adalah film horor yang dirilis pada tahun 2001 dan disutradarai oleh Rizal Mantovani dan Jose Poernomo. Film ini mengangkat tema ritual mistik kuno Jailangkung dan urban legenda Bandung seperti Hantu Rumah Kentang dan Suster Ngesot.

Film ini bercerita tentang empat orang sahabat asal Jakarta yang ingin mencari pengalaman mistis dan memutuskan untuk melakukan ritual “jelangkung” di desa Angkerbatu. Mereka tidak menyadari bahwa tindakan tersebut akan membawa kengerian yang mengerikan dalam hidup mereka.

Ketujuh film horor Indonesia ini berhasil memadukan cerita mistis dengan legenda urban lokal. Itu menjadikannya pilihan tontonan yang sempurna bagi para penggemar genre horor yang mencari pengalaman menegangkan dan misterius. MG/Muftahui Chairunisa

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours