6 PO Bus Spesialis Jalur AKDP dengan Rute Terpanjang

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – Perusahaan Bus (PO) menyediakan layanan antar provinsi dan provinsi. Transportasi ini diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia untuk mencapai tujuannya.

Salah satu layanan yang disediakan PObus adalah angkutan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi). Moda transportasi ini penting bagi banyak orang yang hanya ingin melakukan perjalanan jarak dekat. Oleh karena itu, banyak sekali PO bus yang khusus melayani trayek AKDP, bahkan ada yang mempunyai trayek terpanjang.

Angkutan massal bus telah menjadi sarana transportasi utama bagi banyak orang. Harganya yang sangat murah dan mampu membawa banyak barang bawaan, sehingga sebagian orang menggunakan kendaraan besar tersebut.

Khususnya PO bus angkutan AKDP; Mereka biasanya tidak melengkapi armadanya dengan peralatan mewah. Jarak tempuhnya pun tidak begitu jauh dan diperkirakan hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja dari titik pemberangkatan hingga tujuan.

Meski demikian, ada pula yang berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan melakukan upgrade armada demi kenyamanan penumpang. Berikut bus khusus PO PO rute AKDP dari berbagai sumber SINDOnews.

1. PO Tentrem

Tentrem saat ini dikenal sebagai perusahaan pembuat sasis bus asal Jawa Timur. Bahkan, mereka mengawali perjalanannya dengan mendirikan PO bus yang melayani penumpang ke kota-kota besar di Pulau Jawa.

PO Tentrem didirikan pada tahun 1978 dan Tatang Wahyudi awalnya ditawari untuk menjalankan perusahaan sebagai pemilik. Tatang biasa menelepon di Malang.

Seiring berjalannya waktu, Tentrem mendirikan berdirinya Tentrem, dimulai dari para teknisi PO Tentrem yang menganggur. Pasalnya, setelah semua bus diperbaiki dan dijalankan, tidak ada yang bisa dilakukan.

PO Tentrem kini fokus pada angkutan AKDP jalur “tapal kuda” Jawa Timur dengan armada yang sudah menua. Namun mengingat memiliki sasis, dan bus selalu diservis setelah pengoperasian, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

2. PO AKAS III (Anggung Krida dan Kurnia Jaya)

AKAS III tergabung dalam grup AKAS yang dikelola oleh adik dari H. Karman Amat, Ali. Ali adalah suami Bu Sunani. Bus ini berwujud badan berwarna ungu dengan nama Anggun Kridra dan Kurnia Jaya dengan rute Surabaya – Banyuwangi.

AKAS III sempat dikabarkan tak lagi bertugas, namun mereka kembali menunjukkan ketangguhannya dengan kapal baru. Dalam video yang ditayangkan di kanal YouTube resmi Ayahe Rara, bus Anggun Krida berhenti di Terminal Bayuangga, Probolinggo, kini beroperasi kembali di Jawa Timur.

Kali ini bus berwarna putih dan kombinasi warna hitam, Biru dan merah. Tulisan Anggun Krida dan AKAS dibalut warna merah pada bagian samping badan.

3. SETELAH Atmos

Merupakan perusahaan bus mobil klasik di Solo Jawa Tengah yang mengkhususkan diri pada trayek AKDP dengan trayek Kartasura-Palur melalui Jl. Yosodipuro Namun, Atmo akan menjadi PO menghadapi kebangkrutan karena kurangnya pendapatan.

Mereka saat ini fokus pada layanan bus wisata dengan mengandalkan armada besar kendaraan yang sudah sangat tua. Namun bus bekas tetap terawat dan penumpang merasa nyaman.

4. PO Kapuas Raya Ekspres

Tak hanya di Pulau Jawa, angkutan bus AKDP juga tersedia di Pulau Kalimantan dan tergolong mewah. Perusahaan auto bus yang menawarkan hal tersebut adalah PO Kapuas Raya Ekspres.

Disponsori oleh PT Borneo Trans Mandiri, PO bus ini menggunakan sasis premium Scania dan Mercedes-Benz. Mereka mempercayai tubuh Adiputro dan Tentrem untuk body work.

Dari segi pelayanan, PO Kapuas Raya Express menawarkan tempat duduk dengan selimut dan bantal dengan susunan 2-1. Fasilitas lainnya meliputi AC; dekat kaki TV musik Harga sudah termasuk perlengkapan mandi dan air mineral, serta jajanan ala donat dari merek ternama.

PO Kapuas Raya Express mengoperasikan beberapa rute AKDP di provinsi Kalimantan Barat, yaitu Pontianak-Sintang (PP); Pontianak-Melawi (PP) dan Pontianak-Putussibau (PP). Harga tiket bus ini berkisar antara Rp 165 hingga 300 ribu.

5. Kantor pos perintis

PO Perintis merupakan perusahaan bus motor AKDP di Sulawesi Selatan yang melayani rute Makasar-Sorawako. Merupakan jalur AKDP terpanjang di Indonesia, sekitar 760 km dari Jakarta hingga Surabaya.

Nugroho Febianto menceritakan perjalanan busnya dalam video yang diunggah ke YouTube. Dalam video tersebut terlihat PO Perintis menggunakan bus berukuran sedang untuk memberikan layanan AKDP.

Rute yang digunakan PO Bus Perintis tujuan Makasar-Sorowako adalah Putussibau-Sintang-Sosok-Sungai Pinyuh-Mempawah-Singkawang-Pemangkat-Sambas-Kartiasa. Total perjalanan memakan waktu 18 jam.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours