Jadi Tempat Terdingin, Ini 5 Wilayah di Indonesia yang Pernah Turun Salju

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Setidaknya ada lima wilayah di Indonesia yang mengalami salju karena merupakan tempat terdingin. Indonesia sendiri terkenal dengan iklim tropisnya yang membuat udara menjadi hangat dan lembab sepanjang tahun.

Meski jarang terjadi, namun banyak wilayah di Indonesia yang pernah mengalami salju. Fenomena ini disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah perubahan iklim dan suhu yang sangat rendah yang menyebabkan salju dan cuaca dingin.

Hujan salju di Indonesia merupakan fenomena yang sangat langka dan menarik. Tempat-tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan menunjukkan betapa berbedanya wilayah dan topografi di Indonesia.

Berikut lima wilayah di Indonesia yang pernah mengalami salju, dirangkum berbagai sumber, hingga Senin (24/6/2024).

5 daerah di Indonesia yang mengalami salju

1. Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah

Foto/Wikipedia

Dieng yang terletak di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terkenal dengan udara sejuk dan kabut tebal. Pada musim kemarau, suhu di Dieng bisa mencapai -5 derajat Celcius dan di kawasan ini tahun 2022 akan turun salju tipis. Hal ini juga dikenal sebagai radang dingin.

2. Puncak Brodjonegoro Sumatera

Foto/Wikipedia

Puncak Sumantri Brodjonegoro merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 4.876 meter di atas permukaan laut (mdpl). Seperti halnya Puncak Jaya Wijaya, Puncak Sumantri Brodjonegoro juga selalu diselimuti salju abadi. Puncak ini terletak di Taman Nasional Lorentz yang merupakan salah satu taman nasional terbesar di Asia Tenggara.

3. Piramida Gunung Carstensz, Papua

Foto/Tanah Kami

Gunung Piramida Carstensz yang terletak di Papua merupakan gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. Puncak gunung ini selalu tertutup salju sehingga menjadikannya salah satu tempat terdingin di Indonesia. Suhu di puncak piramida Carstensz bisa mencapai -10 derajat Celcius.

4. Gunung Jaya Wijaya, Papua

Foto/Blibli

Gunung Jaya Wijaya, juga di Papua, merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. Seperti halnya piramida Gunung Carstenz, puncak Gunung Jaya Wijaya juga selalu tertutup salju dan memiliki suhu yang sangat rendah.

5. Gunung Bromo, Jawa Timur

Foto/Avirista Midaada

Gunung Bromo di Jawa Timur juga mempunyai puncak yang keren. Pada tahun 2015, fenomena salju tipis muncul di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Salju yang disebut juga embun upas kembali muncul pada tahun ini.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours