Penting lakukan latihan rutin untuk pulihkan fungsi tubuh pasca-stroke

Estimated read time 3 min read

Jakarta (ANTARA) – Pakar rehabilitasi RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, dr Steven Setiono Sp.KFR Subs N.M(K), mengatakan rutin berolahraga di rumah dan di rumah sakit sangat penting untuk pemulihan fungsi tubuh pasca stroke

“Perawatan stroke yang paling penting adalah pemulihan dan olahraga. “Tidak ada obat yang dapat mengembalikan fungsinya. Satu-satunya yang bisa mengembalikan fungsi adalah olahraga,” kata Steven dalam wawancara kesehatan yang disiarkan online di Jakarta, Senin.

Stevens mengatakan, pengobatan pasca stroke yang paling penting adalah rehabilitasi fisik. Pasien stroke seringkali mengalami kelemahan pada satu sisi, bicara tidak jelas, dan bicara tidak jelas.

Hilangnya banyak fungsi tubuh disebabkan oleh kerusakan pada bagian otak yang bertanggung jawab untuk menggerakkan kaki yang terkena dampak stroke. apakah tersumbat atau berdarah

Baca selengkapnya: Pelatih FKUI susun strategi pengobatan stroke dan: BRIN kembangkan black garlic untuk pengobatan diabetes dan jantung di rumah sakit Membantu mengurangi cedera otak Oleh karena itu, mengembalikan fungsi tubuh tidaklah sulit.

“Karena kalau kita ke rumah sakit dalam waktu lama, kalau kita mendapat perawatan dalam waktu lama, jaringan otaknya terluka parah. Dan ketika jaringan otak terluka atau mati, fungsinya pun ikut menurun. “Yang pertama adalah segera ke rumah sakit agar tidak menimbulkan kerusakan otak yang terlalu parah,” ujarnya.

Latihan yang ditawarkan dokter rehabilitasi Anda bergantung pada fungsi yang ingin Anda ubah, seperti mengajarkan fungsi tangan, berjalan, menelan, atau berbicara.

Stevens mengatakan pemulihan tidak hanya dilakukan di rumah sakit. Namun juga harus dilakukan secara intensif di rumah bersama pasien. Agar fungsi tubuh dapat kembali normal secepatnya.

Kebugaran jasmani akan meningkat dengan olahraga teratur selama tiga bulan pertama pemulihan. Stevens juga merekomendasikan pengulangan gerakan tersebut. Setiap hari sesering mungkin. Untuk membantu otak pulih setelah stroke

“Oleh karena itu, meskipun kita tidak sempurna, Tapi kita harus terus berusaha. Lakukan berulang-ulang. Semakin banyak pengulangan, semakin buruk gerakannya. Semakin lama gerakannya, semakin baik. Karena otak sedang berusaha pulih. “Biasanya kami memberikannya tiga kali sehari atau mungkin dalam jumlah kecil,” kata Stevens.

Selain olahraga teratur Steven juga mengingatkan kita untuk mencegah penyakit stroke seperti darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi. Serta vitamin untuk mencegah stroke berulang.

Gegar otak berulang Dapat menyebabkan kerusakan parah pada jaringan otak. dan menyebabkan komplikasi neurologis yang sulit diobati.

Jika Anda mengalami gejala stroke, Steven menyarankan untuk segera ke rumah sakit untuk menyelamatkan sebanyak mungkin jaringan otak. dan berolahraga secara teratur untuk memastikan pemulihan terbaik. Baca selengkapnya: Perawat: Dukungan keluarga penting bagi pasien awal stroke Baca selengkapnya: Kenali gejala mendadak yang memicu stroke Baca Juga: Angka Stroke Meningkat RS PON Kembangkan Diagnostik Otak untuk Deteksi Dini

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours