Satgas Infrastruktur: IKN sudah miliki sumber air baku

Estimated read time 2 min read

Nusantara (ANTARA) – Ketua Kelompok Proyek Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Danis H Sumadilaga mengatakan di IKN sudah tersedia sumber air baku yang siap disalurkan ke wilayah IKN dan sekitarnya sehingga warga tidak kekurangan air.

“Sumber air bakunya ada di beberapa tempat, seperti di Teluk Sepaku dan Bendungan Sepaku Semoi. Secara teknis kapasitas di Teluk Sepaku 3.000 liter per detik. Sedangkan Bendungan Sepaku Semoi 2.500 liter per detik,” ujarnya di Nusantara pada Jumat. Minggu.

Sebelumnya, saat mengunjungi IKN yang salah satunya melihat langsung kondisi Teluk Sepaku di nusantara, Jumat, ia mengatakan untuk tahap pertama, sumber air baku yang akan digunakan berasal dari Teluk Sepaku.

“Di sini airnya akan diolah dengan cara menjernihkan air bersih di daerah tangkapan air, kemudian dialirkan melalui pipa sepanjang 16 km ke pusat pemerintahan. Dari situ akan didistribusikan ke setiap petak di setiap gedung, di mana akan ada air bersih untuk digunakan di IKN,” ujarnya.

Danis juga menjelaskan berbagai perkembangan terkini pembangunan IKN, seperti penyiapan ruang upacara, kantor kepresidenan dan infrastruktur lainnya untuk mendukung kelancaran perayaan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024.

Tol Balikpapan hingga IKN dijadwalkan mulai beroperasi pada 17 Agustus 2024, yakni Kementerian PUPR sedang membangun tol 3A, 3B, dan 5A yang saat ini rata-rata pencapaiannya 90 persen.

Jalan tol tersebut beroperasi satu jalur dengan tiga lajur, kemudian ada dua lajur lagi yang digunakan khusus untuk mengakses IKN.

Saat ini perjalanan dari Balikpapan ke IKN memakan waktu sekitar 2,5 jam, namun begitu tol tersebut beroperasi, jarak dan waktu tempuh pasti akan jauh berkurang, artinya hanya memakan waktu sekitar satu jam.

Selain Danis, IKN juga dikunjungi oleh perwakilan Kantor Presiden Republik (KSP), Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian PUPR dan Administrasi IKN. merupakan anggota kelompok/lembaga komunikasi antardepartemen.

Kunjungan kerja ini dilaksanakan di beberapa lokasi seperti Plaza Upacara, Kantor Presiden dan Teluk Sungai Sepaku, khususnya sarana dan prasarana terkait penyiapan venue Upacara Kemerdekaan RI ke-79 di IKN.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours