Nissan Kenalkan Cat yang Bisa Ubah Panas Menjadi Dingin

Estimated read time 2 min read

TOKYO – Setelah berbulan-bulan melakukan pengujian, cat khusus Nissan dengan fungsi pendingin tampaknya membuahkan hasil.

Teknologi baru ini merupakan hasil kolaborasi Nissan dengan Radi-Cool, pakar di bidang teknologi pendingin radioaktif. Tujuan mereka adalah menghasilkan cat mobil yang mampu menghilangkan panas dengan cepat.

Menurut informasi dari Autopro, pengujian yang dilakukan tampaknya telah membantu menurunkan suhu luar di dalam kabin sebesar 12 derajat Celcius dan 5 derajat Celcius. .

Teknologi baru ini akan membantu dunia otomotif menjadi lebih efisien karena akan mengurangi penggunaan energi untuk mendinginkan kendaraan, terutama di cuaca panas.

Dalam kondisi panas, sistem AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan interior sehingga menambah beban mesin. Bagaimana dengan EV? Hal ini menjadi lebih buruk lagi karena konsumsi daya yang berlebihan mengurangi jangkauan pengoperasian.

Nissan sudah menguji cat barunya ini di kaki Bandara Haneda sejak November lalu. Lokasi bagus karena mobil diparkir di tempat terbuka, yang pasti panas di area bandara. Berbeda dengan mobil biasa, mobil yang dicat dengan finishing cat khusus ini terbukti lebih keren baik luar maupun dalam.

Meskipun pengujian ini telah membuahkan hasil, penelitian lebih lanjut masih diperlukan sebelum dapat digunakan pada kendaraan Anda. Perhatikan bahwa ketebalan cat yang diuji sekarang adalah 120 mikron. Enam kali lebih tebal dari cat mobil konvensional.

Tak hanya itu, mereka mencoba menghasilkan warna yang berbeda-beda. Ingat, tidak semua orang menyukai mobil berwarna putih.

Padahal, Nissan sebelumnya sempat menyebut cat ini ditujukan untuk kendaraan niaga seperti van pengantar barang dan truk jarak jauh. Namun tidak ada yang mustahil di dunia ini. Kini, setelah 4 tahun berlalu, cat khusus ini juga bisa digunakan pada mobil biasa.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours