Jokowi Ngeluh Kepala Daerah Masih Doyan Belanja Barang Impor

Estimated read time 1 min read

JAKARTA: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyayangkan meski sudah berulang kali diperingatkan, konsumsi produk lokal masih 41% di kabupaten dan kota. Menurut dia, angka tersebut masih kecil.

“Kemudian ada persoalan konsolidasi anggaran dan terutama penggunaan produk lokal. Saya lihat konsumsi produk lokal di kabupaten dan kota masih 41%, masih rendah 41%,” ujarnya. kata Jokowi. JCC, Jakarta, Rabu (10/7/2024) dalam sambutannya pada pembukaan Konferensi Buruh Nasional APKASI XVI.

Pak Jokowi mengatakan mengumpulkan pendapatan negara mulai dari pajak hingga dividen dinilai terlalu sulit.

Hati-hati, sulit sekali memungut uang dari penerimaan negara, baik itu pajak PNBP, royalti, maupun dividen, kata Jokowi.

Menurut Jokowi, Menteri Keuangan Sri Mulyani berusaha mengumpulkan seluruh rupee untuk penerimaan negara, namun setelah ditransfer ke daerah lain, malah dibeli produk impor.

“Rupiah ini seluruhnya akan dipungut oleh Menteri Keuangan. Setelah dikumpulkan menjadi penerimaan negara, kemudian ditransfer ke daerah dan dibeli untuk diimpor. Negara lain akan mendapat manfaat. Saya harus mengingatkan Anda untuk membeli produk kami. , ”kata Jokowi.

Ia mengingatkan para pemimpin daerah agar bisa memanfaatkan barang dan jasa lokal.

“Anggaran itu sangat sulit untuk ditingkatkan, jadi gunakanlah untuk membeli barang dan jasa yang produknya 100 persen daerah.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours