Peloncat indah Quan Hong Chan raih emas Olimpiade Paris kedua

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Penyelam muda Tiongkok Quan Hong Chan meraih medali emas keduanya di Olimpiade Paris 2024, sekaligus medali Olimpiade ketiga dalam karirnya, di usianya yang baru 17 tahun.

Lompatan pertama Quan di Paris meraih nilai sempurna atau 10 di semua kategori untuk memastikan kemenangan 1-2 bagi China di nomor 10m putri, dikutip AFP, Rabu.

Kwan menang dengan total 425,60 poin, mengalahkan rekan setimnya Chen Yuxi dengan 420,70 poin. Atlet Korea Utara Kim Mi Rae meraih perunggu dengan 372,10 poin.

Sebelumnya, Quan juga memenangkan nomor 10m di Olimpiade Tokyo 2020 ketika ia baru berusia 14 tahun. Di Paris, ia juga meraih emas di nomor 10m putri bersama Chen.

“Saya mengalami tiga tahun yang sangat sulit. Saya telah mengatasi banyak hal,” kata Quan.

“Kalau saya sebutkan semua (tantangannya), saya tidak akan pernah berhenti (bicara). “Saya sangat senang bisa meraih medali emas ini,” imbuhnya.

Quan telah menempuh perjalanan panjang untuk menjadi salah satu atlet elit Olimpiade Tiongkok dan sangat populer di negara asalnya.

Dia adalah satu dari lima bersaudara yang lahir di keluarga pedesaan miskin. Ayahnya adalah seorang petani jeruk dan ibunya bekerja di pabrik sampai sebuah kecelakaan mobil menyebabkan dia sakit parah.

Quan sebelumnya mengatakan dia termotivasi menang untuk membayar tagihan rumah sakit ibunya.

Saat meraih medali emas di Olimpiade Tokyo tiga tahun lalu, itu adalah pertama kalinya Quan berkompetisi di luar Tiongkok.

Peraih medali emas Olimpiade tiga kali ini telah memenangkan banyak penggemar di Tiongkok karena kepribadiannya yang menyenangkan dan keterampilan atletiknya.

Sebaliknya, Tiongkok adalah negara adidaya yang tak terbantahkan dalam olahraga selam dan sejauh ini telah meraih lima medali emas dalam olahraga di Paris, dan masih ada tiga medali lagi yang harus dimenangkan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours