PUPR kejar target selesaikan apron dan runway Bandara VVIP di Agustus

Estimated read time 2 min read

Penajam Paser Utara (Antara) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pembangunan apron dan runway Bandara VVIP IKN selesai pada Agustus 2024.

Pada hari Minggu, Rachman Arif, Direktur Jenderal Bina Marga Penajam Pasar Utara, mengatakan: “Pada tanggal 4 Agustus 2024, kami diminta menyelesaikan dek dengan luas 180×90 meter.

Dia mengatakan, fasilitas dek yang masuk dalam proses perencanaan kini mencakup helipad atau tiga titik yang berfungsi sebagai helipad untuk kebutuhan tamu-tamu penting.

Rachman mengatakan, runway sepanjang 2.200 meter dan luas 3.000 meter itu rencananya akan selesai pada Agustus 2024.

Selain fasilitas aspal dan runway, Kementerian PUPR juga perlu memfasilitasi akses jalan dari Bandara VVIP dan akses jalan provinsi menuju Kabupaten Penajam Pasar Utara (PPU).

Rachman mengatakan, “Proses penyiapan lahan pembangunan bandara mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah setempat serta pemangku kepentingan utama Kementerian PUPR dalam penyelenggaraan dan pengoperasian bandara.”

“Setelah itu, akses dari bandara VVIP hingga jalan provinsi yang sedang digunakan akan kami siapkan berkoordinasi dengan teman-teman Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Rachman mengatakan, keseluruhan proyek bergantung pada cuaca di lokasi pekerjaan untuk menghindari kerusakan konstruksi.

Sekali lagi yang menjadi catatan, jika cuaca mendukung, karena kita harus memastikan struktur runway ini dalam kondisi sangat baik, tidak ada ruang untuk ‘kesalahan’ sedikit pun, ”ujarnya.

Dia mengatakan tim konstruksi dengan hati-hati mempertimbangkan setiap lapisan infrastruktur untuk memastikan kekuatan struktural fasilitas tersebut.

Oleh karena itu, menteri harus mengikuti spesifikasi yang ditentukan, tidak ada ruang untuk kesalahan, tidak ada margin untuk kesalahan, ”ujarnya.

Soal teknis pengoperasian bandara, Rachman mengatakan tanggung jawab pengoperasiannya berada di Kementerian Perhubungan.

Dikatakannya, “Dalam hal pengoperasian bandara, kami tentu akan menyiapkan mitra transportasi di Kementerian Perhubungan yang memiliki hubungan dekat dengan pengoperasian bandara,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours