PLN Babel menambah pasokan listrik energi ramah lingkungan

Estimated read time 2 min read

Pangkalpinang (ANTARA) – PT PLN Unit Induk Wilayah Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menambah pasokan listrik ramah lingkungan dari pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTBm) di Kawasan Industri Sadai, Kabupaten Bangka Selatan.

General Manager PLN UIW Babel Dini Sulistyawati dari Pangkalpinang, Selasa, mengatakan PLTBm Sadai merupakan wujud komitmen dan upaya PLN untuk mencapai net zero emisi.

“Seluruh dunia saat ini berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Dengan PLTBm ini, kita tidak hanya mendapatkan tambahan pasokan listrik dari sumber energi bersih dan hijau, tetapi juga menumbuhkan ekonomi sirkular bagi masyarakat sekitar, kata Dini.

Menurutnya, PLN akan tetap berkomitmen menjaga kecukupan dan keandalan sistem ketenagalistrikan Babel, salah satunya melalui penyediaan pembangkit listrik energi terbarukan.

“PLN tidak hanya berkomitmen menyediakan listrik yang andal dan berkualitas, namun juga mendukung pembangunan berkelanjutan dan lingkungan yang lebih bersih. Kami yakin langkah ini merupakan bagian penting dari upaya kami memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan,” imbuhnya. .

PLTBm di Kawasan Industri Sadai, Kabupaten Bangka Selatan diresmikan menjelang HUT ke-79 berdirinya Republik Indonesia oleh PLN UIW Babel bersama Forkopimda Provinsi Babel.

Pembukaan Pembangkit Listrik Mandiri (IPP) PLTBm 1x10MW (Megawatt) yang dibangun oleh PT Sentosa Jaya Purnama (SJP) di Kawasan Industri Sadai, Kabupaten Bangka Selatan sekaligus menandai dimulainya operasi komersial PLTBm Sadai.

“Dengan beroperasinya PLTBm Sadai maka akan menambah pasokan listrik sistem ketenagalistrikan Pulau Bangka sebesar 10MW,” ujarnya lagi.

Plt Gubernur Kepulauan Babel Safrizal ZA mengatakan PLTBm Sadai merupakan proyek energi terbarukan yang sejalan dengan program pemerintah dalam pengelolaan pengembangan energi bersih dan hijau.

“Pengembangan pembangkit biomassa dengan memanfaatkan sampah organik seperti sisa pertanian, perkebunan dan limbah kayu lainnya sangat positif, apalagi dengan adanya PLTBm, semakin memperkuat pasokan listrik PLN di Bangka,” imbuhnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours