Diperingati Tiap 14 Agustus dan Jadi Kegiatan Ekskul, Ini Sejarah Hari Pramuka

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Begini sejarah Hari Pramuka yang biasa diperingati setiap bulan Agustus. Praja Muda Karana (Pramuka) merupakan organisasi pendidikan yang fokus pada pendidikan ketahanan dan pembentukan karakter.

Tujuan gerakan Pramuka adalah membentuk kepribadian setiap anggota Pramuka yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, dan berjiwa patriot. Bagaimana sejarah Hari Pramuka hingga diperingati setiap bulan Agustus? Artikel ini tentang itu, lihatlah!

Sejarah Hari Pramuka lahir pada zaman Belanda

Mengutip situs resmi Gerakan Pramuka, Pramuka sebagai organisasi besar di Indonesia mempunyai hari peringatan nasional yang jatuh pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya. Gerakan pendidikan kepanduan atau kepanduan di Indonesia sudah ada sejak zaman Hindia Belanda.

Pada tahun 1912, pelatihan dimulai pada kelompok pramuka di Batavia atau Jakarta yang dikenal pada masa penjajahan Belanda, yang kemudian menjadi cabang dari Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO).

Dua tahun kemudian, cabang tersebut dinyatakan mandiri dan diberi nama Nederlands-Indische Padvinders Vereeniging (NIPV) atau Persatuan Pramuka Hindia Belanda. Kepanduan di Hindia Belanda terbukti berkembang cukup baik dan berhasil menarik perhatian bapak kepanduan dunia, Lord Baden-Powell, yang saat itu bersama istrinya, Lady Baden-Powell, dan anak-anaknya.

Mereka kemudian mengunjungi organisasi pramuka di Batavia, Semarang dan Surabaya pada awal Desember 1934. Pramuka asal Hindia Belanda juga mengikuti Jambore Pramuka Dunia.

Kongres Pramuka Pertama di Surakarta

Kemudian pada tanggal 27-29 Pada bulan Desember 1945 diadakan Kongres Persatuan Pramuka Indonesia di Surakarta, yang hasilnya Pandu Rakiat Indonesia memutuskan menjadi satu-satunya organisasi pramuka di Indonesia.

Namun ketika Belanda kembali melakukan agresi militer pada tahun 1948, Pandu Rakyat dilarang berdiri di wilayah yang sudah dikuasai Belanda. Hal ini memicu munculnya organisasi lain seperti Pramuka Putera Indonesia (KPI), Puteri Pandu Indonesia (PPI) dan Pramuka Muda Indonesia (KIM) yang kemudian digabung oleh Presiden Soekarno.

Sedangkan gerakan Pramuka diawali dengan beberapa peristiwa yang saling berkaitan. Sejak tanggal 9 Maret 1961, nama Pramuka diumumkan secara resmi, yang menjadi hari penembakan gerakan Pramuka.

Kemudian pada tanggal 20 Mei 1961 dikeluarkan Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka dan momen tersebut dikenal sebagai awal tahun kerja. Kemudian pada tanggal 20 Juli 1961, wakil Organisasi Pramuka Indonesia mengajukan permohonan di Istana Olah Raga Senayan untuk bergabung dengan Organisasi Gerakan Pramuka.

Inilah nama hari sumpah gerakan Pramuka. Setelah itu, pada tanggal 14 Agustus 1961, Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada masyarakat luas di lingkungan Istana Negara.

Oleh karena itu, tanggal 14 Agustus kemudian ditetapkan sebagai Hari Pramuka dan diperingati oleh seluruh Pramuka setiap tahunnya. Demikian informasi perayaan Hari Pramuka pada tanggal 14 Agustus dan sejarah singkat Hari Pramuka yang perlu Anda ketahui.

Anggota gerakan Pramuka dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu:

• Siswa usia 7-10 tahun mengikuti Pramuka Siaga.

• Siswa berusia 11-15 tahun mengikuti pelatihan pramuka.

• Anak-anak berusia 16-20 tahun mengikuti Pramuka Penegak.

• Pramuka Pandega diikuti oleh kelompok usia 21-25 tahun. Pramuka Dewasa diperuntukkan bagi mereka yang berusia 25 tahun ke atas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours