Sifan Hassan gondol emas maraton putri Olimpiade Paris 2024

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Pelari Belanda Sifan Hasan meraih medali emas dan memecahkan rekor maraton putri Paralimpiade Paris 2024 di Paris, Minggu, dengan catatan waktu 2 jam, 22 menit, dan 55 detik. .

“Rasanya aku sedang bermimpi, aku hanya melihat orang-orang di TV yang merupakan juara Olimpiade. Marathon adalah sesuatu yang lain lho. Ketika kamu berlari sejauh 42 kilometer dalam waktu lebih dari dua jam 20 menit, maka setiap langkah yang kamu ambil adalah dirimu sendiri.” pergi. sangat sulit dan sangat menyakitkan,” kata Sifan Hassan seperti dikutip dari situs Olimpiade, Minggu.

Tambahan medali emas ini berarti pelari kelahiran Etiopia itu kini menjadi atlet pertama sejak Emil Zatopek dari Ceko yang meraih tiga medali emas – nomor 5.000 m, 10.000 m, dan lari cepat – di ajang Olimpiade tahun 1952.

Sifan mengaku tak menyangka euforia merayakan kemenangannya musim ini akan semanis itu. Bahkan, ia menilai euforia merayakan kompetisi lain kali ini tidak akan sehebat Olimpiade Paris 2024. Sifan Hasan memenangkan nomor 10.000m putri dan mencetak rekor dunia di FBK Games di Hengelo pada 6 Mei 2021.

“Saat saya selesai, seluruh waktu bebas. Luar biasa. Saya belum pernah melihat yang seperti ini. Bahkan balapan lain yang saya ikuti tidak sehebat ini,” kata Sifan Hasan.

“Setelah selesai, saya tidak bisa menghentikan pesta. Saya merasa tenang. Saya ingin duduk. Lalu saya berpikir, ‘Saya juara Olimpiade,'” tambah Sifan Hassan.

Di hadapan kerumunan pendukung yang antusias di jalan-jalan ibukota Perancis, Hasan membuktikan dirinya sebagai yang terkuat, tercepat dan paling tahan lama dalam lari 42.195km, mengalahkan Tigst Assefa dari Ethiopia di final untuk menyelesaikan kampanye pribadi yang luar biasa di Paris . .

Assefa bertarung habis-habisan dengan waktu 2:22:58 untuk merebut medali perak, disusul pelari Kenya Hellen Obi yang merebut perunggu dengan waktu 2:23:10.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours