Diduga Jadi Pemicu Kebakaran di Manggarai, Yuk Lakukan Ini saat Cas HP

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kebakaran terjadi di kawasan padat penduduk Jalan Gang Remaja 5, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, pada Selasa (13/8/2024) akibat sebuah ponsel yang meledak.

Warga mengungkapkan, kebakaran bermula dari ledakan sebuah telepon genggam (HP) atau telepon genggam (ponsel) yang terbakar saat sedang diisi dayanya.

“Ada warga yang menyewa di sini. Jadi dia sedang mengisi daya ponselnya, tetapi dia di tempat tidur, sepertinya meledak. Kalau terjadi kebakaran dia tidak teriak, kalau sudah tua dia teriak, sudah terlambat,” kata warga Kubil, Selasa (13/8/2024).

Baterai merupakan komponen penting pada sebuah ponsel. Ada beberapa kasus masalah ponsel yang justru meledak akibat baterai.

Apalagi kini banyak ponsel yang menawarkan kapasitas baterai besar dan teknologi fast charge.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara merawat baterai ponsel dengan benar. Tujuannya tentu saja agar baterai ponsel bisa bertahan lama dan tidak meledak.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar baterai ponsel Anda tetap terjaga dengan baik. Berikut detailnya.

1. Jangan biasakan menggunakan ponsel hingga baterainya habis.

2. Selain itu, penting untuk menggunakan pengisi daya asli yang disertakan dengan ponsel. Sebab menggunakan charger yang tidak sesuai dan kualitasnya dipertanyakan akan merusak ponsel.

3. Jangan biarkan ponsel terkena panas berlebihan.

4. Jika baterai ponsel membengkak atau terlihat dari bagian badan penutup baterai yang terangkat, segera servis dan ganti baterai dengan baterai asli.

5. Sebisa mungkin, hindari mengganti baterai dengan baterai yang tidak asli.

6. Jangan menaruh ponsel di saku belakang, karena saat Anda duduk, badan ponsel bisa bengkok atau melengkung sehingga menyebabkan baterai berubah bentuk.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours