Brasil umumkan tiga hari berkabung nasional untuk kenang Zagallo

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mendeklarasikan tiga hari berkabung nasional pada Sabtu untuk mengenang legenda sepak bola dan pemenang Piala Dunia empat kali Mario Zagallo, sehari sebelum kematiannya pada usia 92 tahun.

“Dia adalah salah satu pesepakbola dan pelatih terhebat sepanjang masa. Dia berani dan bersemangat serta meninggalkan pelajaran penting tentang cinta, dedikasi, dan sepak bola di negara ini dan dunia,” kata Lula, Minggu.

Zagallo, yang bermain bersama Pele di tim Brasil yang memenangkan Piala Dunia pada tahun 1958 dan 1962 dan merupakan pelatih yang berdedikasi, meninggal pada hari Jumat karena kegagalan beberapa organ.

Rumah Sakit Barra d’Or di Rio de Janeiro mengatakan Zagallo menderita sejumlah masalah kesehatan dalam beberapa bulan terakhir.

Kepergian Zagallo meninggalkan banyak pesan dan kenangan dari banyak pesepakbola di seluruh dunia.

Perlu juga dicatat bahwa Zagallo adalah satu-satunya pemain yang memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih, bersama dengan Franz Beckenbauer dari Jerman (1974 dan 1990) dan Didier Deschamps dari Prancis (1998 dan 2018).

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan: “Pengaruh Zagalo terhadap sepak bola, khususnya sepak bola Brasil, adalah yang tertinggi.”

Infantino menggambarkan bek kiri pendek ini sebagai “jenius taktik” dan menyoroti perannya dalam empat dari lima gelar Piala Dunia Brasil.

Dan dia menambahkan: “Kami akan mengingatnya sebagai bapak baptis sepak bola Brasil, dan kami akan sangat merindukan kehadirannya.”

Pemain saat ini dan mantan pemain juga memberikan penghormatan, termasuk Ronaldinho, Romario, Bebeto, Taffarel dan Cafu.

Ronaldinho menulis di Instagram: “Terima kasih atas segalanya, guru!!! Beristirahatlah dengan tenang,” komentarnya di foto dirinya bersama Zagallo.

Konfederasi Sepak Bola Brasil menyatakan akan mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang Zagallo pada pertandingan berikutnya.

Selain itu, beberapa klub penting Brasil, termasuk klub tempat Zagallo bermain dan berlatih, seperti Botafogo, Flamengo, Fluminense, dan Vasco di Rio de Janeiro juga memberikan penghormatan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours