Ratu renang Amerika di ambang sabet emas pertama akuatik

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Legenda renang Amerika Katie Ledecky memecahkan rekor yang dibuat juara bertahan perenang Australia Ariern Titmuss pada babak kualifikasi gaya bebas 400m putri Olimpiade Paris 2024.

Ledecky sangat difavoritkan untuk memenangkan medali emas pertama cabang renang di Olimpiade 2024.

Ratu renang Amerika yang dikalahkan Titmus tiga tahun lalu di Olimpiade Tokyo 2020 ini mencatatkan waktu tercepat 4 menit 2,19 detik pada kualifikasi di Defense Arena, Sabtu dini hari waktu setempat.

Final edisi ini adalah Sabtu sore waktu setempat atau dini hari Minggu WIB.

Dua perenang sedang berdebat. Titmus memimpin pada 300 meter pertama sebelum disusul Ledecky.

Titmuss menyentuh dinding kolam dengan catatan waktu 4 menit 02,46 detik. Rekor ini jauh lebih pendek dibandingkan rekor dunia yang ia cetak yakni 3 menit 55,38 detik.

Waktu tercepat ketiga diraih oleh bintang renang asal Selandia Baru yang juga merupakan juara dunia. Erica Fairweather. Ia mencatatkan waktu 4 menit 02,55 detik, mengalahkan perenang Kanada Summer McIntosh dengan selisih sepersekian detik.

Hampir sama dengan uji coba Olimpiade kami beberapa pekan lalu, kata Ledecky yang juga akan bertanding di nomor gaya bebas 800m dan 1500m putri, namun tidak lagi bertanding di gaya bebas 200m.

Untuk nomor kategori putra ini, perenang tercepat asal Jerman adalah Lucas Mertens dengan catatan waktu 3 menit 44,13 detik. Dia lebih cepat dari pesaing terdekatnya, Guilhermo Costa dari Brasil.

Liwei Fei dari Tiongkok berada di urutan ketiga, diikuti oleh pasangan Australia Eliza Winnington dan Sam Short.

Melansir AFP, seperti halnya nomor 400m gaya bebas putri, final 400m gaya bebas putra akan digelar di hari yang sama, Sabtu sore atau Minggu pagi waktu setempat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours