Perlengkapan yang perlu disiapkan sebelum ikut lari maraton

Estimated read time 3 min read

Batavia (Antara) – Bagi yang ingin mengikuti lomba lari jarak pendek maupun jarak jauh, selain mempersiapkan kondisi fisik dan mental, juga perlu mempersiapkan peralatan pendukung yang tepat.

Perlengkapan seperti sepatu lari yang nyaman dan pakaian olahraga yang ringan dan menyerap keringat dapat membantu mengoptimalkan performa lari untuk mencapai tujuan.

Penyelenggara Maybank Marathon dalam siaran persnya, Rabu, menyampaikan rekomendasi perlengkapan pendukung yang harus disediakan saat mengikuti lomba maraton.

Inilah peralatan yang perlu Anda persiapkan sebelum lari maraton

1. Sepatu lari

Sepatu lari yang aman dan nyaman sangat penting untuk lari setengah maraton (10K) atau maraton penuh. Menurut penelitian dari BMJ Open Sports & Latihan Kedokteran, tiga hal utama yang harus diperhatikan pelari ketika memilih sepatu adalah kenyamanan, performa, dan pencegahan cedera.

Karena kaki Anda akan lebar saat berlari, pilihlah sepatu yang memiliki jarak yang cukup, yaitu pada bagian ujung jari kaki, antara jari kaki terpanjang, dan sol sepatu. Disarankan untuk tidak menggunakan sepatu lari baru sebelum hari perlombaan untuk menghindari risiko cedera.

2. Pakaian kasualnya

Saat lari, khususnya marathon, sebaiknya kenakan pakaian yang ringan, nyaman, dan bebas keringat.

Pertimbangkan juga dalam memilih warna pakaian Anda. Pakaian berwarna terang dapat memantulkan sinar matahari sehingga memberikan rasa sejuk di cuaca panas.

Sama halnya dengan sepatu, sebaiknya kenakan pakaian olahraga yang Anda kenakan saat latihan agar tubuh terbiasa dan lebih nyaman saat mengikuti kompetisi.

3. Peralatan minum

Bagi para pelari, menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal yang penting. Berolahraga dan berkeringat akan meningkatkan kebutuhan cairan tubuh, jadi pastikan Anda minum cukup cairan.

Sebelum memulai perlombaan, perhatikan rute lari dan tempat minum, jika Anda memutuskan untuk minum sepanjang perjalanan. Jika dirasa perlu, pelari juga boleh membawa ransel atau sabuk botol air untuk lari handsfree.

4. Konsumsi energi

Peserta maraton harus berlari sejauh 42 kilometer dan tenaga yang dibutuhkan untuk itu tidak sedikit. Salah satu cara untuk mengisi ulang energi saat berlari adalah dengan mengonsumsi camilan berenergi.

Pelari dapat memilih batang energi yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya, mereka dapat memilih bentuk sirip atau batangan. Yang terbaik adalah tiba-tiba mengganti merek produk snack energi yang biasanya tidak Anda konsumsi atau mencari sumber energi baru untuk menghindari masalah pencernaan.

5. Topi dan kacamata

Saat berpartisipasi dalam acara lari di negara tropis, para pelari bisa menjadi sangat kepanasan.

Anda bisa memilih topi bertepi lebar dengan bahan ringan yang mampu menyerap keringat di kepala dan melindungi wajah dari terik sinar matahari. Selain itu, topi juga dapat membantu mencegah cipratan air ke wajah saat hujan.

Pelari juga dapat menggunakan kacamata sebagai aksesoris tambahan untuk melindungi mata dan menjaga penglihatan saat sinar matahari sedang berada pada puncaknya.

6. Waktu berjalan

Pelari sebaiknya menggunakan jam tangan yang sama selama latihan dan balapan untuk mengoptimalkan data lari.

Jam tangan lari dilengkapi dengan GPS yang dapat melacak jarak, kecepatan dan waktu lari, sehingga pelari dapat terus memantau performa larinya.

Selain itu, jam tangan lari memiliki fitur pengukur detak jantung yang memudahkan pelari memperhatikan detak jantungnya dan mengurangi kecepatan larinya jika detak jantungnya terlalu tinggi.

Pemenang Maybank Marathon 2013 kategori nasional putri, Irma Handani, berpesan agar para pelari yang mengikuti maraton berlatih dengan penuh dedikasi, kesabaran, dan ketekunan.

Irma mengatakan, “Selain itu, gunakanlah alat bantu jalan yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan di tengah berbagai tantangan, ketika menempuh jarak yang jauh. Mereka yang hadir akan lebih siap melalui persiapan yang lebih baik dan bersedia mencapai pribadi yang terbaik.”

Maybank Marathon 2024 yang merupakan gelar road race berlabel elite dari Atletik Internasional akan digelar pada 25 Agustus 2024.

“Ini akan menjadi kesempatan untuk bersinar dan menemukan potensi terpendam dalam diri dengan berlari selangkah demi selangkah. Tetap aktif, terus berolahraga dan lihat dirimu di Bali Unified Center!” kata Direktur Proyek Maybank Marathon Vidya Parmana.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours