4 Kapal Selam AS Tercanggih, Semuanya Dibekali Peluru Kendali Bertenaga Nuklir

Estimated read time 3 min read

AMERIKA. Amerika memiliki empat kapal selam tercanggih, semuanya dilengkapi dengan rudal bertenaga nuklir. Perbincangan mengenai kapal selam ini mulai menguat setelah AS mengirimkan armadanya ke Timur Tengah.

Langkah ini dilakukan sebagai respons terhadap kekhawatiran akan konflik regional yang lebih luas menyusul pembunuhan para pemimpin senior Hizbullah dan Hamas baru-baru ini.

Menurut BBC, hal ini menunjukkan tekad Amerika Serikat untuk membantu melindungi Israel dari segala serangan Iran. Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengatakan AS akan “mengambil setiap langkah yang mungkin” untuk melindungi sekutunya.

Kapal selam yang dikirim AS ke Timur Tengah adalah USS Georgia (SSBN-729) yang merupakan salah satu kapal kelas Ohio. Menurut Inisiatif Ancaman Nuklir, kekuatan kapal selam Amerika Serikat terdiri dari empat kelas operasional, yaitu:

4 kapal selam Amerika paling modern1. Kelas di Ohio

Kelas “Ohio” terdiri dari 14 SSBN, yang berfungsi sebagai penghubung triad nuklir AS berbasis laut. Kapal selam kelas Ohio AS saat ini masih diunggulkan karena berbasis pada jalur strategis.

Awalnya kapal selam jenis ini dilengkapi dengan 24 tabung peluncuran, namun jumlah ini dikurangi menjadi 20 untuk memenuhi batasan New START.

Jika Anda menggabungkan semua kapal selam kelas Ohio, maka akan ada 960 hulu ledak di dalamnya. Meski program SSBN kelas Columbia menjadi yang terdepan, direncanakan akan mulai menggantikan kapal selam kelas Ohio.

2. Kelas di Los Angeles

SSN nuklir kelas Los Angeles dilengkapi dengan rudal jelajah Tomahawk (LACM) dan torpedo MK-48. Kapal ini tidak hanya dirancang untuk melawan kapal selam, tetapi juga mampu menjatuhkan pasukan khusus dan ranjau.

Los Angeles dianggap sebagai basis armada kapal selam AS dengan 34 unit. Beberapa kapal selam kelas ini antara lain USS Providence dan USS San Juan.

3. Kelas “Serigala Laut”.

Angkatan Laut AS juga memiliki tiga kapal kelas Seawolf yang berbasis di Bangor Trident di negara bagian Washington. Kapal selam kelas ini dikenal lebih cepat dan senyap dibandingkan kelas Los Angeles.

Kemampuan siluman kapal juga membuatnya cocok untuk bertempur dengan pasukan khusus. Meski kemampuan peluncuran vertikalnya kurang, kapal selam ini tetap bisa meluncurkan rudal Tomahawk melalui tabung torpedo.

4. Kelas Virginia

Dikembangkan oleh Electric Boat Corporation yang berbasis di Connecticut, kelas Virginia mewakili generasi berikutnya dari kapal selam serang nuklir Amerika dan merupakan alternatif yang lebih hemat biaya dibandingkan kelas Seawolf.

Dengan 22 kapal yang sudah ditugaskan, kelas Virginia akan mengambil alih peran operasional kelas Los Angeles. Kapal selam ini mampu beroperasi secara efektif di perairan pantai, terutama karena sistem kendali kawatnya, yang memberikan keunggulan dibandingkan kelas Los Angeles.

Selain itu, tidak seperti kelas Seawolf, kelas Virginia memiliki peluncur vertikal untuk menembakkan rudal serangan darat Tomahawk.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours