ASDP angkut 11,42 juta kendaraan selama paruh pertama 2024

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengangkut 11,42 juta kendaraan dan 5,89 juta penumpang yang beroperasi pada Januari hingga Juni 2024.

“Pada semester I-2024, ASDP melayani 5,89 juta penumpang dan 11,42 juta kendaraan di Indonesia, hal ini menunjukkan adanya peningkatan penjualan kapal,” kata Sekretaris Perusahaan ASDP Shelvy Arifin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Shelvy optimistis manajemen semakin mengembangkan bisnis kapal pesiar yang diperkirakan akan terus berlanjut hingga akhir tahun.

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik khususnya pada bagian komersial yang merupakan penopang kemajuan perusahaan,” ujarnya.

Menurut dia, kinerja ASDP pada semester I-2024 menunjukkan pertumbuhan dengan gabungan investasi mencapai Rp2.560 triliun atau meningkat 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Selanjutnya ASDP mencatatkan laba sebesar Rp 356 miliar.

Peningkatan jumlah mobil impor, yang naik 29 persen dibandingkan tahun lalu, menjadi salah satu alasan utama yang mendorong pertumbuhan ini.

“Total produksi kendaraan pada semester I-2024 mencapai 11,42 juta unit, hal ini disebabkan oleh langkah-langkah operasional dan perbaikan operasional yang dilakukan manajemen,” ujarnya.

ASDP menargetkan laba pada tahun 2024 dengan perkiraan pendapatan sebesar Rp5,710 miliar dan laba sekitar Rp733 miliar.

Selain itu, ASDP juga membantu meningkatkan layanan digital melalui tiket online yang diterapkan di 33 pelabuhan. Sistem tiket online melalui aplikasi atau website Ferizy memudahkan penumpang dalam mengakses layanan ASDP.

Shelvy menambahkan, pengembangan infrastruktur yang mengutamakan kenyamanan pelanggan juga penting untuk meningkatkan pembangunan di pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Pengguna terminal Eksekutif kini dapat menikmati kenyamanan lebih berkat adanya jembatan penghubung antara terminal dan terminal reguler.

ASDP juga melakukan pemantauan secara berkala untuk memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi.

“Kami selalu mendengarkan kebutuhan pelanggan kami untuk memastikan layanan yang kami berikan terus meningkat dan memenuhi harapan mereka,” kata Shelvy lagi.

Capaian ASDP juga didukung oleh kerja baik beberapa pelabuhan, antara lain dibukanya delapan jalur perintis baru yang meliputi wilayah seperti Ulhe Leue – Serapung dan Bau Bau – Talaga.

Dengan berbagai pencapaian tersebut, tambah Shelvy, ASDP menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan berkualitas dan terus mendorong pertumbuhan industri maritim Indonesia.

“Kami yakin dengan kegiatan baru organisasi ASDP ini dapat terus meningkatkan kinerja dan membantu perekonomian negara,” kata Shelvy.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours