Bakal Fungsional, Begini Rute dari Balikpapan ke IKN lewat Jalan Tol

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) akan beroperasi jelang Hari Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 untuk mendukung mobilitas peserta Upacara Kemerdekaan menuju IKN. Jalan tol tersebut secara fungsional beroperasi satu arah dengan tiga lajur menuju IKN.

Progresnya bagus, sudah beraspal, target kita pada dasarnya fungsionalitas satu dan tiga lajur. Sekarang sudah 90%, kata Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga, akhir pekan ini.

Saat ini Kementerian PUPR sedang membangun tol IKN untuk tiga seksi, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dan Seksi 5A Jembatan Simpang Tempadung-Pulau Balang sepanjang 6 km. 7 km. Ketiga ruas ini digunakan secara fungsional untuk menunjang kelancaran lalu lintas menuju IKN.

Dengan beroperasinya tol ini, maka akan ada jalur baru yang dapat diakses IKN yaitu kendaraan dari Bandara Sepinggan Balikpapan akan masuk ke Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), dan di Tol Balsam kilometer 11 akan masuk jalur fungsional IKN. .

Kendaraan tersebut akan menempuh jarak 13,4 km di ruas 3A Karangjoang-KKT Kariangau. Kemudian lanjutkan sepanjang 7,3 km seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung jalur fungsional hingga bertemu Jembatan Dirgahayu, Jembatan Pulau Balang Bentang Panjang dan Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek yang merupakan bagian dari Simpang Tempadung Seksi 5A – Balang merupakan jembatan pulau sepanjang 6,7 km .

Setelah keluar jembatan, kendaraan dapat melanjutkan perjalanan menuju Jembatan Pulau Balang Ruas-Sp. dari bagian 5B. Riko sepanjang 13,27 km merupakan titik awal Seksi 5B melalui Jalan EX IJD STA 9+900.

Sebagai tambahan informasi, jika tol IKN selesai seluruhnya, maka jarak tempuh Balikpapan ke KIPP IKN yang sebelumnya memakan waktu sekitar 2 jam 15 menit melalui Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku yang jauh, akan diperpendek. 95 km, hingga 57 km dalam waktu sekitar 45 menit.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours