Fakta Pulau Raijua, Destinasi Wisata Pantai Cantik yang Tersembunyi di NTT

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kebanyakan masyarakat pasti mengetahui berbagai tempat wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT), seperti Danau Kelimutu, Pulau Komodo, Pulau Padar, atau Desa Wae Rebo. Di antara tempat wisata terkenal yang unik dan indah tersebut, ada sebuah pulau yang tak kalah menariknya.

Namanya Nosy Raijua yang terletak di sebelah barat daya Nosy Sabu. Secara administratif pulau ini termasuk dalam Kecamatan Raihua, Provinsi Sabu Raihua, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Nosy Sabu atau Rai Havu berada dalam wilayah NTT dan merupakan pulau terpencil dengan luas 460,78 km². Populasinya sekitar 30.000. Kehidupan masyarakat Sabu sebagian besar bergantung pada lahan pertanian kering, peternakan, perikanan, kerajinan tangan, perdagangan dan pembuatan sabu gula aren.

Meski tak sepopuler tempat wisata di NTT lainnya, Pulau Sabu atau Pulau Raihua juga layak untuk dikunjungi, terutama bagi Anda yang menyukai petualangan. Mengunjungi pulau dengan pasir putih dan halus ini, di sepanjang perjalanan Anda akan menyaksikan bagaimana deburan ombak yang tiada henti. Pulau ini bagaikan harta karun yang terpendam.

Belum banyak wisatawan yang datang ke pulau ini, sehingga bagi yang ingin melihat pantai yang indah dan damai, Pulau Raihua adalah tempat terbaik untuk itu.

Pantai Majala merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Raihua. Tak hanya menyuguhkan pantainya yang landai dan berwarna putih bersih, tak jauh dari kawasan ini wisatawan juga bisa menyaksikan bebatuan yang membentuk bentuk-bentuk indah di tepi pantai.

Air lautnya berwarna biru kehijauan yang sangat bersih dan tidak pernah tercemar.

Sebagian jalan di pulau ini sudah beraspal, namun di beberapa tempat tak jauh dari pantai masih banyak ditemui jalan berbatu dan tanah.

Jika Anda datang dari Jakarta, mungkin perlu waktu agak lama untuk mencapai pulau ini. Dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara El Tari di Kupang akan memakan waktu sekitar 3 jam.

Dari Bandara El Tari, Anda perlu naik pesawat kecil menuju Bandara Tardamu Sabu. Selanjutnya wisatawan bisa menyeberang langsung dari Pelabuhan Kota Seba menuju Pulau Raihua dengan menggunakan perahu nelayan.

Angkutan umum sulit ditemukan di pulau ini, nyaris tidak ada. Oleh karena itu, wisatawan harus mencari solusi untuk berkeliling pulau, termasuk menyewa kendaraan roda dua milik warga sekitar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours