Canggih, ITS Punya Cadaver Digital untuk Praktikum Mahasiswa Kedokteran

Estimated read time 2 min read

SURABAYA – ITS meluncurkan Pameran Teknologi dan Kadaver Digital sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK). Ketersediaan teknologi ini sejalan dengan visi kolaborasi teknologi dan kedokteran ITS.

Adhi Dharma Wibawa, Wakil Dekan FKK ITS, mengatakan demonstrasi produk teknologi dan takdir digital diutamakan sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa FKK ITS.

Baca juga: Kesakitan dalam Kedokteran, Tuntut Jenazah Diperuntukkan untuk Pendidikan Mahasiswa Kedokteran

Selain itu, kehadiran produk ini dimaksudkan untuk menciptakan suasana akademik yang inklusif dan sebagai sarana promosi FKK ITS kepada masyarakat luas.

“Selain itu, mahasiswa dan institusi kedokteran dari berbagai daerah di Indonesia kerap mengunjungi FKK ITS,” ujarnya.

Dijelaskannya, kerangka digital tersebut digunakan untuk mendukung pembelajaran anatomi, salah satu bentuk akselerasi pembelajaran dan pengajaran di FKK ITS.

Baca Juga: Mengejutkan Penemuan Mayat di Kampus, Begini Penjelasan Sistem Rekrutmen dan Pelayanannya

Menurut dosen Departemen Teknologi Kedokteran ITS ini, penyediaan produk ini menjawab permasalahan media pembelajaran anatomi dengan nilai-nilai nyata yang sulit diakses. “Kami mulai dari perspektif daya tahan, biaya, dan jangkauan penggunaan.”

Dengan alat berbentuk tabel yang secara virtual dapat mewakili tubuh manusia, siswa dapat mempelajari simulasi bedah yang terlihat seperti kasus nyata.

Dengan berbagai fitur yang tersedia, mahasiswa tidak hanya dapat melakukan simulasi bedah umum, tetapi juga pemotongan melintang pada bagian tubuh mana pun. Alat ini juga dilengkapi dengan berbagai informasi detail mengenai setiap bagian tubuh manusia yang ditampilkan.

Baca Juga: Kampus Unpri Medan Lantai 15 Biarkan 5 Perusahaan Jadi Penipu Mahasiswa Kedokteran

Lebih lanjut ia mengatakan, demonstrasi teknologi yang dihadirkan merupakan hasil inovasi dan penelitian dosen dan mahasiswa FKK ITS. Ketersediaan produk teknologi kedokteran ini menjadi indikasi keseriusan ITS dalam menjawab tantangan yang dihadapi di bidang kesehatan.

Sementara itu, terdapat beberapa demonstrasi teknologi dari alat kesehatan di bidang bedah tulang seperti Craniofacial Distractor, alat endoskopi portabel dan produk canggih lainnya.

Rektor ITS Bambang Pramujati mengatakan hal ini sejalan dengan visi ITS tentang kolaborasi antara teknologi dan kedokteran.

Kami berharap, perangkat berteknologi tinggi yang dimiliki Bambang ini dapat menjadi percontohan bagi mahasiswa Departemen Teknologi Kedokteran ITS untuk menciptakan perangkat serupa.

“Tentunya dengan fitur yang lebih baik dan canggih.”

Kedepannya, dosen Teknik Mesin ITS ini berharap dapat terus mengembangkan produk-produk yang dipamerkan dan ditemukan melalui hilirisasi.

Komitmen ini diawali dengan pengujian distribusi dan pengujian produk lainnya yang dikembangkan oleh para ilmuwan ITS.

“Upaya ini untuk memperluas manfaat ITS bagi dunia pendidikan dan masyarakat.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours