QRIS Tap Berbasis NFC akan Merevolusi Sistem Pembayaran di Indonesia

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – PT ALTO Networks (ALTO), sebagai penyedia infrastruktur sistem pembayaran (PIP) terkemuka di Indonesia, akan menggelar talkshow bertajuk The Rise of NFC Payment: Revolutionizing Payments in Indonesia pada Jumat (2/8/2024) di NFC QRIS layanan tap berbasis Festival Ekonomi Keuangan Digital dan Karya Kreatif Indonesia (FEKDIxKKI).

Gretel Griselda, CEO ALTO, mengungkapkan kegembiraannya atas peluncuran QRIS Tap berbasis NFC, percaya bahwa inovasi tersebut akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran dan memudahkan pengusaha khususnya UMKM dalam menerima pembayaran digital.

Layanan QRIS Tap berbasis NFC ini merupakan metode pembayaran contactless yang akan memudahkan merchant dalam melakukan transaksi pembayaran mobile, baik pembayaran, transportasi, parkir dan kebutuhan lainnya.

Inovasi tersebut merupakan perluasan dari fitur-fitur QRIS yang sudah ada, antara lain Intercountry QRIS yang berfungsi sebagai metode pembayaran berbasis kode QR di Thailand, Malaysia, dan Singapura yang memungkinkan pelanggan bertransaksi dengan merchant di luar negeri dan sebaliknya. Selain itu, ALTO akan memperluas QRIS ke negara-negara Jepang, Korea, India, Uni Emirat Arab, dan Tiongkok.

Dalam talkshow ini, ALTO menghadirkan Soundbox yang bekerja sama dengan PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme), pionir dan satu-satunya perangkat inovatif all-in-one yang dapat menampilkan QRIS statis, menerima pembayaran QRIS dinamis, CPM QRIS dan tentunya NFC. berdasarkan QRIS TAP.

“Teknologi Soundbox menjadi langkah penting dalam memfasilitasi pembayaran digital untuk berbagai jenis usaha, khususnya UMKM,” kata Vicky Saputra, co-founder dan CEO Netzme.

Tata Martadinata, selaku Kepala Produk dan Teknologi Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), juga turut serta dalam talkshow tersebut. Tata menyebutkan, 83,5 juta transaksi QRIS dilakukan setiap bulannya dari total 37,5 juta merchant di Indonesia.

“Penetrasi QRIS di Indonesia sudah cukup tinggi, sehingga tidak mengherankan jika transaksi digital di Indonesia akan semakin agresif dan meluas di masa depan,” kata Tata.

Selain itu, ALTO juga mengundang Sandy Filemon, Direktur Bank Cinarmus, untuk berbagi ide bersama mengenai QRIS berbasis NFC, dimana Bank Cinarmus merupakan salah satu bank dengan layanan QRIS terlengkap yang telah diintegrasikan ALTO ke dalam sistem pembayarannya dan sepenuhnya kompatibel. . sebagai pemasok

“Bank harus proaktif dalam menyediakan solusi pembayaran yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah dan meningkatkan kenyamanan bertransaksi,” kata Sendi, salah satu yang terdaftar dalam layanan QRIS Bank Synermus untuk lebih berkembang.” kata Sandi.

Dalam kesempatan tersebut Gretel Griselda juga menyampaikan bahwa ALTO akan mulai memasarkan produk QRIS pada tahun 2024. Saat ini jumlah anggota QRIS yang menggunakan teknologi ALTO meningkat lebih dari 500% dan jumlah transaksi yang diproses ALTO meningkat 500%. Hanya dalam satu tahun.

Talkshow ini menegaskan kembali komitmen ALTO dalam memimpin inovasi teknologi pembayaran di Indonesia dan menunjukkan bahwa NFC adalah masa depan transaksi digital yang murah, cepat, aman, dan nyaman bagi masyarakat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours