Indosat Ooredo Hutchison gaet Microsoft manfatkan AI untuk jadi TechCo

Estimated read time 3 min read

Jakarta (Antara) – Perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bermitra dengan perusahaan teknologi Microsoft untuk mendorong transformasi digital di AI Native TechCo dengan meningkatkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) di seluruh operasional perusahaan.

Melanjutkan kemitraannya dengan Microsoft, Indosat menggunakan Copilot Microsoft 365, sebuah asisten intelijen terintegrasi, untuk meningkatkan produktivitas dan menghubungkan komunitas di seluruh pelabuhan di Indonesia.

“Di Indosat, kami tidak hanya mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam strategi kami; kami juga mempromosikan budaya baru. Kami bertujuan untuk memberdayakan setiap orang Indonesia melalui solusi yang ditingkatkan oleh kecerdasan buatan, untuk memastikan bahwa teknologi dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.” Kata Chief Digital Officer IOH Sanjeev Rawat dalam keterangannya, Kamis.

Pendekatan yang dilakukan Indoset sejalan dengan Microsoft Work Trend Index 2024 yang menunjukkan perubahan dinamika kerja di Indonesia melalui pemanfaatan AI.

Studi tersebut mencatat bahwa 92 persen profesional di Indonesia menggunakan AI yang produktif di tempat kerja, dan 92 persen pemimpin percaya bahwa AI penting untuk meningkatkan daya saing.

Adopsi yang tinggi ini menunjukkan pentingnya penggunaan teknologi AI di berbagai tingkat angkatan kerja. Implikasinya adalah para pemimpin yang memahami nilai AI dapat memotivasi karyawan dan mengubahnya menjadi keuntungan bisnis yang nyata.

Sanjeev mengatakan bahwa meskipun ia memimpin dalam menciptakan segmen, ia merasa bahwa Microsoft 365 Copilot memberikan dukungan tingkat tinggi dengan mengambil perannya sebagai asisten digital.

Ia mengatakan, misalnya, departemennya yang terbiasa bekerja dengan teknologi informasi dan operasional digital, seringkali hanya memiliki sedikit waktu untuk membuat laporan rutin dalam bentuk dokumen atau pengelolaan konten. Dengan hadirnya Copilot untuk Microsoft 365, kami merasa mampu menyelesaikan tantangan tersebut dalam waktu singkat.

“Karena kami memiliki asisten cerdas yang memahami kebutuhan kami, alat ini menyederhanakan operasional kami. Tidak hanya meningkatkan produktivitas, namun memungkinkan kami fokus pada inisiatif strategis dan layanan pelanggan. Dengan pengelolaan sumber daya yang tepat, layanan Indosat memiliki basis pelanggan 100 juta dan perusahaan terus berkembang,” kata Sanjeev.

Beberapa kemampuan Copilot untuk Microsoft 365 mencakup berbagai fungsi seperti menjadwalkan rapat, merangkum notulen rapat, menyiapkan email, dan masih banyak lagi.

Penggunaannya di Indoset kini meluas dari divisi digital ke departemen lain termasuk Sumber Daya Manusia (SDM), Business-to-Business (B2B) dan Jaringan.

Dalam transisinya dari perusahaan telekomunikasi ke teknologi asli AI, Indosat didukung oleh Microsoft untuk menggunakan Copilot guna meningkatkan dampak bisnis dan kontribusi strategisnya terhadap konektivitas digital.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir mengatakan timnya senang dapat memperkenalkan solusi digital yang sejalan dengan visi IOH dalam mendorong transformasi digital.

“Integrasi Microsoft Copilot ke dalam pekerjaan sehari-hari tidak hanya meningkatkan produktivitas di dalam perusahaan, namun menciptakan dampak yang lebih luas di luar Indosat. Melalui peningkatan efisiensi dan inovasi, Indosat mendorong konektivitas digital di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan bukti kekuatan penggerak teknologi. Dampaknya terhadap sumber daya media sosial dan Microsoft sangat senang menjadi bagian dari perjalanan bersejarah ini, kata Dharma.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours