Hasil Kualifikasi F1 GP Inggris 2024: George Russell Pole Position

Estimated read time 2 min read

SILVERSTONE – Kualifikasi F1 GP Inggris 2024 selesai dalam waktu 60 menit di Silverstone, Sabtu (7/6/2024) malam WIB. Alhasil, pembalap Mercedes-AMG Petronas George Russel mendapat tempat istirahat.

Russell menjadi yang tercepat di kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 25,819 detik. Ia unggul 0,171 detik dari rekan setimnya yang memastikan start dari posisi kedua, Lewis Hamilton.

Bintang Red Bull Racing Max Verstappen akan memulai balapan di Silverstone dari posisi keempat. Dikendarai oleh dua pembalap McLaren, Lando Norris dan Oscar Piastri.

Verstappen langsung tancap gas di awal Kualifikasi 1 (Q1) dan mencatatkan waktu tercepat 1 menit 37,518 detik. Ia unggul 0,2 detik dari Lewis Hamilton.

Namun tak lama kemudian, Hamilton mampu merebut posisi pertama dengan catatan waktu 1 detik 37,134 detik. Setelah 11 menit latihan, bendera merah dikibarkan karena Sergio Perez mengalami kecelakaan.

Setelah tertunda sekitar 20 menit, Q1 dimulai kembali dengan hujan ringan turun di sirkuit Silverstone. Verstappen nyaris kembali ke posisi pertama, namun Hamilton berhasil mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 29,547 detik.

Verstappen berakhir di posisi ketujuh pada akhir Q1. Sementara Valtteri Bottas, Kevin Magnussen, Esteban Ocon, Sergio Perez, dan Pierre Gasly tersingkir dari sesi kualifikasi pertama.

Pada awal Q2, Fernando Alonso mencatatkan waktu tercepat 1 menit 27,652 detik. Ia unggul 0,1 detik dari Nico Hulkenberg dan Alex Albon yang melengkapi posisi tiga besar.

Namun selang beberapa menit, Lando Norris kembali memimpin dengan catatan waktu 1 menit 27,432 detik, unggul 0,1 detik dari Carlos Sainz. Lima besar diisi oleh Oscar Piastri, Alonso, dan Hulkenberg.

Kemudian peringkat pertama menjadi milik Piastri, Alonso dan Hulkenberg. Namun, Norris akhirnya menyelesaikan Q2 tercepat dengan catatan waktu 1s 26,559s. Juara Ferrari Charles Leclerc tersingkir di Q2 bersama Logan Sargeant, Yuki Tsunoda, Zhou Guanyu dan Daniel Ricciardo.

Pada awal Q3, duo McLaren Norris dan Piastri berada di dua posisi pertama. Norris membukukan waktu 1 menit 26,030 detik, unggul 0,2 detik dari rekan setimnya. Sedangkan Verstappen berada di urutan ketiga, tertinggal 0,3 detik.

Namun, George Russel mencatatkan lap yang sangat bagus hingga naik ke peringkat pertama dengan catatan waktu 1 menit 26,024 detik. Dia memimpin Norris dengan 0,006 detik. Di belakang mereka ada Hamilton, Piastri dan Verstappen.

Di penghujung latihan, Russell menambah catatan waktunya menjadi 1 menit 25,819 detik dan sukses mengamankan pole position. Tempat kedua dipegang oleh rekan setimnya di Mercedes, Hamilton, tertinggal 0,171 detik.

Verstappen kali ini akan start dari posisi keempat. Sang juara bertahan diapit duo McLaren Norris dan Piastri.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours