Mengapa Siprus Diincar Banyak Negara untuk Dijadikan Pangkalan Militer?

Estimated read time 2 min read

ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberi isyarat kesiapan negaranya membangun pangkalan angkatan laut di Republik Turki Siprus Utara (TRNC). Dia juga menuduh saingannya, Yunani, mencoba membangun pangkalan serupa di pulau itu.

Erdogan mengatakan kepada wartawan bahwa “jika perlu,” Ankara dapat “membangun pangkalan angkatan laut dan struktur angkatan laut di utara Siprus,” mengacu pada wilayah TRNC, negara ketujuh yang dideklarasikan oleh Siprus Turki pada tahun 1983 dan hanya diakui oleh Turki.

Ankara saat ini memiliki pangkalan udara di Gesitkel (Bandara Lefkoniko) di Siprus utara, di tengah laporan tentang strategi baru Turki, yang mencakup “mengubah Lefkoniko menjadi pangkalan militer yang signifikan, selain rencana pangkalan di Bogazi dan Karpasia, semuanya di bawah angkatan laut Turki”

Pemerintah Siprus Yunani sebelumnya mengumumkan rencana untuk membangun pangkalan angkatan laut di dekat desa Mari di Siprus selatan dengan dukungan Yunani, yang oleh Menteri Pertahanan Vassilis Palmas disebut sebagai proyek jangka panjang yang bertujuan untuk “melayani negara-negara sahabat”.

Daerah Pangkalan Kedaulatan Inggris di Siprus Akrotiri dan Dhekelia, Wilayah Luar Negeri Inggris, yang berisi dua pangkalan dan instalasi militer penting, dibentuk berdasarkan Perjanjian London dan Zurich pada tahun 1960, ketika Siprus memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris.

Perjanjian tersebut menyatakan bahwa Inggris Raya, bersama Yunani dan Turki, adalah penjamin kemerdekaan, integritas wilayah, dan keamanan Republik Siprus.

Siprus sebenarnya telah terpecah menjadi bagian Yunani dan Turki sejak invasi militer Ankara ke pulau tersebut pada tahun 1974, akibat kudeta yang dipimpin oleh mereka yang menuntut agar pulau tersebut menjadi bagian dari Yunani. Pembicaraan PBB mengenai reunifikasi Siprus, yang telah berlangsung sejak pembagian pulau tersebut, akhirnya terhenti pada tahun 2017.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours