Berapa Lama Kuliah Jurusan Kedokteran Sampai Punya Gelar dr? Jalan Panjang Menjadi Dokter

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Berapa lama studi kedokteran hingga mendapat gelar Dr. (dokter) yang perlu diketahui calon mahasiswa. Padahal, meski Anda sudah memiliki gelar dokter, tetap ada program magang yang wajib Anda ikuti.

Jurusan kedokteran selalu menjadi salah satu pilihan utama calon mahasiswa baru di Indonesia. Setiap tahunnya, ribuan mahasiswa bersaing untuk masuk fakultas kedokteran di berbagai universitas ternama. Fenomena ini tidak lepas dari beberapa alasan yang mendasarinya.

Baca juga: 5 Kampus Kedokteran Jalur Mandiri dengan UKT di bawah Rp 20 Juta

Menjadi seorang dokter masih dianggap sebagai profesi yang bergengsi dan disegani di masyarakat. Gelar dokter membawa status sosial yang tinggi dan seringkali dibarengi dengan rasa bangga terhadap individu dan keluarganya. Banyak orang tua yang mendorong anaknya untuk mengikuti dunia kedokteran karena dianggap sebagai simbol kesuksesan.

Baca juga: Tertarik Masuk Fakultas Kedokteran Unesa Jalur Mandiri? Ini adalah 4 jurusan yang tersedia

Lulusan kedokteran mempunyai peluang kerja yang sangat luas. Tidak hanya bekerja di rumah sakit atau klinik, mereka juga bisa berkarir di bidang penelitian, pengajaran, organisasi kesehatan internasional, bahkan membuka praktik swasta. Meningkatnya kebutuhan tenaga medis, terutama di masa pandemi, semakin mendongkrak prospek karir lulusan kedokteran.

Baca juga: Di usia 22 tahun, Areta merupakan lulusan termuda Sarjana Kedokteran UGM

Gaji yang menjanjikan, kesempatan untuk membantu sesama, kemajuan teknologi dan keamanan di masa depan menjadi kombinasi menarik mengapa jurusan kedokteran menjadi favorit.

Berapa lama ia belajar kedokteran hingga mendapat gelar Dr

Namun di balik itu semua, masih panjang jalan yang harus ditempuh para mahasiswa kedokteran hingga bisa meraih gelar Doktor atau Dr.

Tingkat sarjana

Dikutip dari website Universitas Kristen Maranatha, program pendidikan kedokteran di Indonesia terbagi dalam dua tahap, pertama jenjang sarjana dan kedua pelatihan profesi.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2024 di UGM, Unpad, Unair, Undip dan UNS, Berapa Biayanya?

Untuk jenjang sarjana, mahasiswa kedokteran seperti mahasiswa pada umumnya harus menempuh studi selama 3,5 hingga 4 tahun. Beban studi 146 SKS dalam tujuh semester. Setelah menyelesaikan studi sarjana, gelar Sarjana Kedokteran (SKed) diberikan.

Pelatihan kejuruan

Untuk pelatihan profesi kedokteran, mahasiswa kedokteran dapat menyelesaikannya dalam waktu 1,5 hingga 2 tahun. Pelatihan berlangsung selama tiga semester dengan beban studi 37 SKS.

Program profesi kedokteran ini mungkin lebih dikenal dengan sebutan “koas”. Koas merupakan jenjang pendidikan kedokteran profesional yang harus diselesaikan untuk menjadi seorang dokter.

UKMPPD untuk meraih gelar doktor

Pada pelatihan profesi kedokteran, mahasiswa kedokteran akan melalui tahapan Ujian Kemahiran Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

UKMPDD diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan merupakan ujian akhir yang harus dilalui mahasiswa program profesi kedokteran sebelum memperoleh gelar kedokteran.

UKMPPD biasanya dilaksanakan setelah mahasiswa program profesi kedokteran menyelesaikan studi enam tahun. Ujian ini sangat penting karena hasilnya menentukan apakah siswa tersebut memperoleh gelar kedokteran atau tidak.

Tahapan UKMPPD ini adalah ketika mahasiswa program profesi kedokteran dinyatakan lulus, mendapat gelar Dokter (Dr) serta Surat Tanda Registrasi (STR).

Tempat belajar

Setelah lolos UKMPPD, bagi anda yang ingin kuliah kedokteran akan mengikuti program magang yang sangat penting untuk mempersiapkan anda menghadapi jas putih, pakaian nasional para dokter.

Program magang ini umumnya berlangsung beberapa bulan hingga satu tahun, dan diadakan di rumah sakit, klinik, atau institusi medis lainnya.

Jadi, dengan langkah ini, dibutuhkan waktu 6 hingga tujuh tahun bagi seorang mahasiswa kedokteran untuk menjadi dokter profesional.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours