Presiden Palestina kunjungi Turki, sorot aksi Israel di Gaza

Estimated read time 2 min read

Ankara (ANTARA) – Presiden Palestina Mahmoud Abbas melakukan perjalanan ke Ankara pada Rabu (15/) untuk bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, menyinggung serangan Israel di Gaza.

Kedua presiden bertemu di istana presiden di ibu kota Turki, dan kedua pemimpin mengadakan pertemuan tertutup yang tidak dapat diberitakan oleh wartawan.

Abbas akan berpidato di depan parlemen Turki pada hari Kamis dalam sidang luar biasa di mana dia diminta untuk menunjukkan dukungan bagi perjuangan Palestina.

Dalam pidatonya, Abbas mengatakan akan menyoroti serangan Israel di wilayah Palestina, khususnya Gaza. Pidato Abbas dalam bahasa Inggris; Ini akan diterjemahkan ke dalam bahasa Turki dan Perancis secara bersamaan.

Presiden Erdogan akan menghadiri Kongres dan menunjukkan dukungan kuat untuk Palestina.

Israel mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai gencatan senjata, namun menghadapi kecaman internasional, namun terus menyerang Gaza setelah serangan Hamas pada 7 Oktober tahun lalu.

Akibat serangan Israel, hampir 40.000 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas dan lebih dari 92.000 lainnya terluka di Gaza, kata otoritas kesehatan setempat.

Selama lebih dari 10 bulan selama perang, makanan, Sebagian besar wilayah Gaza masih hancur akibat pembatasan akses terhadap air bersih dan obat-obatan.

Israel dituduh di Mahkamah Internasional (ICJ) melakukan genosida.

Dalam keputusan terakhirnya, ICJ memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasinya di kota Rafah di selatan, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang menjelang serangan 6 Mei.

Sumber: Anadolu

Presiden Turki: Palestina harus merdeka berdasarkan perbatasan tahun 1967.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours