Elektabilitas Jusuf Hamka dengan Anies Baswedan Diprediksi Tak Bakal Jauh

Estimated read time 1 min read

JAKARTA – Taipan tol Jusuf Hamka dan Anees Baswedan memperkirakan pemilu mereka tidak lama lagi. Jusuf Hamka yang juga politikus Partai Golkar belum terpilih menjadi calon Gubernur (Kagub) DKI Jakarta pada 2024.

Pengamat politik Vijaya GR Mapasomba memperkirakan terpilihnya Jusuf Hamka (Baba Alun) tidak jauh berbeda dengan calon gubernur Anees Baswedan yang meraih 29,8% suara.

“Meski elektabilitas JH (Jusuf Hamka, red.) belum diuji atau disurvei, tapi menurut saya dia tidak jauh berbeda dengan Anies Baswedan, artinya ada beberapa perbedaan,” kata Vijaya, Senin (29/1). 7/2024).

Namun Vijaya belum bisa memastikan apakah pilihan Anees lebih baik dari Jusuf Hamka atau sebaliknya. Menurut dia, elektabilitas Jusuf Hamka bisa diketahui jika diuji oleh lembaga survei.

“Kita tidak bisa langsung mengatakan bahwa meskipun Anees Baswedan lebih tinggi dari JH, saya kira itu wajar karena Anees adalah mantan gubernur apalagi calon presiden,” ujarnya.

Menurutnya, pemilihan Jusuf Hamka di bawah Anis merupakan hal yang wajar. Pasalnya Baba Alun merupakan sosok yang baru terjun ke dunia politik.

“JH merupakan pemain baru. Tak masalah jika di bawah Anis seleksinya rendah, namun popularitas JH di masyarakat tidak perlu diragukan lagi karena ia dikenal karena aktivitas sosialnya membantu masyarakat,” tutupnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours