Waswas Perang dengan Rusia Pecah, 500.000 Tentara NATO Siaga Tinggi

Estimated read time 2 min read

BRUSSELS – NATO telah menempatkan setengah juta tentara dalam siaga tinggi untuk melindungi diri dari risiko perang dengan Rusia.

“Sejak 2014, NATO telah menyaksikan transformasi paling signifikan dalam pertahanan kolektif kita dalam satu generasi,” kata juru bicara NATO Farah Dakhlallah kepada CNN.

“Kami telah menerapkan rencana pertahanan paling komprehensif sejak Perang Dingin, dengan lebih dari 500.000 tentara saat ini dikerahkan.”

NATO berusaha keras untuk meningkatkan persiapannya – baik secara praktis maupun yang dirasakan – terhadap ancaman dari Rusia, dengan Presiden Vladimir Putin dan sekutu utamanya mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk melakukan konfrontasi langsung dengan “kolektif Barat” yang dipimpin AS.

Beberapa negara sekutu sedang mempertimbangkan untuk memperkenalkan kembali wajib militer, sementara beberapa negara yang sudah memiliki wajib militer, termasuk beberapa negara yang berbatasan dengan Rusia, telah meningkatkan wajib militer, meningkatkan pelatihan, dan menimbun peralatan.

“Sekitar sepertiga anggota NATO harus bertugas di militer,” kata Dakhlallah.

“Beberapa sekutu sedang mempertimbangkan wajib militer. Namun, sebagai aliansi, kami tidak menetapkan wajib militer,” jelasnya.

“Yang penting sekutu terus memiliki angkatan bersenjata yang mampu melindungi wilayah dan rakyat kami,” tambah Dakhlallah, seperti dilansir Newsweek, Selasa (23/7/2024).

NATO telah berjuang untuk memobilisasi kekuatan militer dan industrinya yang besar sejak agresi langsung Rusia terhadap Ukraina dimulai pada tahun 2014.

Tanggapan awal sekutu NATO terhadap aneksasi Rusia atas Krimea dan pendudukan sebagian wilayah Donbas telah dikritik di Kiev dan di tempat lain karena dianggap ragu-ragu dan tidak memadai.

Invasi besar-besaran Moskow ke Ukraina pada Februari 2022 dan perang gesekan yang terjadi setelahnya mengungkap keterbatasan NATO, dimana aliansi tersebut, terutama anggota non-AS, berjuang untuk memenuhi kebutuhan militer Ukraina.

Kurangnya sistem pertahanan udara dan peluru artileri telah menjadi kelemahan bagi blok Barat, dan juga bagi Ukraina, yang kini bergantung pada dukungan asing.

KTT NATO bulan ini di Washington, D.C., menyaksikan 32 negara sekutu berjanji untuk memperluas bantuan ke Ukraina dan meningkatkan pelatihan militer mereka sendiri.

Namun pemilu penting di Eropa dan AS tahun ini mengancam akan menggagalkan – atau setidaknya memperlambat – tindakan kolektif, karena para sekutu sangat khawatir terhadap prospek penerapan kembali kebijakan luar negeri transaksional “America First” yang diusung mantan Presiden Donald Trump.

Mulai bulan Oktober, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte akan memimpin aliansi tersebut, menggantikan Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg, yang menjabat sejak 2014.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours