Hamas Tak akan Izinkan Pasukan Asing Tinggal di Gaza

Estimated read time 2 min read

GAZA – Hamas menegaskan menolak segala rencana Gaza yang mengabaikan keinginan rakyat Palestina.

Gerakan tersebut mengatakan: “Kami menegaskan bahwa kami menolak sikap apa pun yang mendukung masuknya pasukan asing ke Gaza dengan nama atau pembenaran apa pun.”

Dalam pernyataannya, Hamas mengatakan, “Pemerintahan Jalur Gaza setelah kekalahan agresi fasis adalah murni masalah Palestina, yang disetujui dalam segala aspek oleh rakyat Palestina.” penekanan dibuat.

Hamas menambahkan: “Rakyat Palestina tidak akan membiarkan pengawasan atau penerapan solusi eksternal atau persamaan yang melemahkan prinsip-prinsip mereka.”

Hamas juga memberi tahu sekutunya, Hizbullah, bahwa mereka telah menerima usulan gencatan senjata di Jalur Gaza, dan pemimpin kelompok kuat Lebanon menyambut baik langkah tersebut.

Melansir Reuters, kabar tersebut diumumkan pada Jumat (7/5/2024) oleh dua sumber yang mengetahui masalah tersebut.

“Delegasi Hamas yang dipimpin oleh wakil pemimpin kelompok itu, Khalil Al Hayya, memberi pengarahan kepada pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah mengenai perkembangan terkini pada pertemuan di Beirut,” kata sumber itu.

Hizbullah sebelumnya mengatakan bahwa Nasrallah dan Hayya membahas perkembangan terkini dalam negosiasi yang bertujuan mencapai gencatan senjata di Jalur Gaza.

Hizbullah dan Israel telah terlibat dalam konflik selama hampir sembilan bulan, bertepatan dengan konflik Gaza, sehingga meningkatkan kekhawatiran akan perang habis-habisan antara dua musuh bersenjata lengkap.

Kelompok militan Hizbullah mengatakan kampanye serangan roket dan pesawat tak berawak terhadap Israel utara bertujuan untuk mendukung warga Palestina menghadapi pemboman genosida Israel di Gaza.

Salah satu sumber, seorang pejabat Hizbullah, mengatakan kepada Reuters bahwa kelompok tersebut akan berhenti menembak segera setelah perjanjian gencatan senjata Gaza mulai berlaku, mengulangi pernyataan sebelumnya.

“Jika ada kesepakatan mengenai Gaza, maka akan ada gencatan senjata di Lebanon mulai sekarang,” pejabat itu menekankan.

Dalam pernyataan Hizbullah disebutkan bahwa Nasrallah menerima wakil presiden Hamas Hayya untuk pertemuan yang mengevaluasi “perkembangan politik dan keamanan terkini” di Jalur Gaza.

Pernyataan tersebut berbunyi, “Selain itu, perkembangan terkini dalam perundingan yang sedang berlangsung, suasana perundingan dan proposal yang ditawarkan untuk mengakhiri agresi berbahaya terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza juga dibahas.”

Hamas telah melakukan penyesuaian signifikan terhadap pendiriannya mengenai kemungkinan kesepakatan bebas sandera dengan Israel, kata seorang pejabat senior pemerintah AS pada hari Kamis, dengan harapan hal itu akan menghasilkan kesepakatan yang akan menjadi langkah menuju gencatan senjata permanen.

Sementara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Kamis bahwa ia akan mengirim delegasi ke Presiden AS Joe Biden untuk melanjutkan negosiasi, seorang pejabat Israel mengatakan bahwa tim negaranya akan dipimpin oleh kepala badan intelijen Mossad.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours