Dubes Rizal: Kemitraan ASEAN-Turki adalah kolaborasi masa depan

Estimated read time 3 min read

Jakarta (Antara) – Kemitraan antara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Turki merupakan salah satu bentuk kemitraan dan kolaborasi di masa depan, kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki, Ahmad Rizal Purnama.

“ASEAN adalah kawasan masa depan dan kemitraan ASEAN-Turki adalah kemitraan masa depan,” kata Dubes Rizal saat perayaan Hari ASEAN di KBRI Ankara, Kamis (8/8).

Rizal dalam siaran pers KBRI Ankara yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan ASEAN merupakan landasan stabilitas, keamanan, dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik.

“ASEAN memberikan kontribusi yang besar bagi kawasan,” kata Rizal.

Lebih lanjut, Rizal mengatakan ada tiga hal yang perlu dilakukan terkait kerja sama ini. Pertama, ASEAN dan Turki harus menjadikan satu sama lain sebagai mitra kerja sama pilihan di masa depan dan pintu gerbang bagi kesejahteraan masyarakat masing-masing.

“Turki harus menjadi pintu masuk bagi ASEAN di pasar Eropa dan Timur Tengah. Pada saat yang sama, ASEAN harus memberikan peluang perluasan pasar dan pengaruh yang lebih besar bagi Turki di kawasan Indo-Pasifik,” ujarnya.

Kedua, ASEAN-Turki harus membangun model kerja sama inklusif pada tingkat tertinggi, dan kemitraan ini harus berkontribusi pada kesejahteraan kedua bangsa.

Ketiga, lanjut Dubes, ASEAN-Türkiye harus memperkuat kemitraan agar memberikan dampak yang lebih baik bagi dunia. “Ketika dunia kini penuh dengan rasa saling tidak percaya dan kompleksitas geopolitik yang begitu tinggi, kemitraan ASEAN-Turki harus menjadi bagian dari solusinya,” kata Rizal.

Sebagai Koordinator Komite ASEAN di Ankara, Indonesia, beliau memimpin perayaan Hari ASEAN yang dimulai dengan Upacara Pengibaran Bendera ASEAN dan dilanjutkan dengan Resepsi Diplomatik.

Acara tersebut dihadiri oleh Burhanetin Duran, Wakil Menteri Luar Negeri Turki, anggota Parlemen Turki, duta besar negara anggota ASEAN, duta besar negara mitra dialog ASEAN, pejabat pemerintah dan pengusaha.

Wakil Menteri Luar Negeri Duran mengatakan Turki siap menjadi mitra terpercaya ASEAN di segala bidang, dan kerja sama masa depan antara Turki dan ASEAN tidak hanya menguntungkan kedua bangsa, tetapi juga stabilitas masing-masing kawasan dan dunia.

Kerjasama ASEAN-Turki telah memasuki babak baru setelah penandatanganan Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama di Asia Tenggara pada Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-43 yang diselenggarakan di Vietnam pada tanggal 23 Juli 2010, demikian pernyataan tersebut.

Pada tahun yang sama, perwakilan Turki di Jakarta juga diakreditasi pada Sekretariat Jenderal ASEAN.

Selain itu, ASEAN memberikan status “Regional Cooperation Partnership” kepada Turki pada tanggal 5 Agustus 2017 di sela-sela Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN di Filipina.

Komitmen Turki dalam meningkatkan hubungan dengan ASEAN dibuktikan dengan keikutsertaan negara tersebut dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-57 dan Pertemuan Trilateral Mitra Regional Turki-ASEAN ke-6 yang diselenggarakan di Vientiane, Laos pada Juli 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours