Gigantic Jets, Fenomena Kilat Langka di Langit Puerto Rico

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Fenomena alam arus listrik serta petir mirip ubur-ubur menerangi langit Puerto Rico. Dikenal dengan sebutan jet raksasa atau sprite raksasa, kejadian langka ini jarang tertangkap kamera.

Menurut IFL Science, Sabtu (17/8/2024), pelepasan listrik yang kuat ini biasanya naik melalui atmosfer, bukan jatuh ke bumi. Cuplikan kejadian Minggu dini hari (8 April 2024) yang bertepatan dengan serangkaian badai petir di Puerto Rico.

Masyarakat Astronomi Karibia kemudian meninjau dan mempublikasikan gambar tersebut. Mereka memperhatikan ada tiga jet raksasa di sekitarnya, serta beberapa sprite merah.

“Gambar yang kami peroleh menunjukkan bahwa aliran listrik yang diamati dari pulau itu mungkin berlangsung lebih lama dari biasanya. Ada kemungkinan bahwa beberapa orang bahkan dapat melihatnya,” kata Caribbean Astronomical Society dalam sebuah postingan di Facebook.

Berbagi kabar tersebut kepada pengikut Facebooknya, beberapa orang melaporkan melihat fenomena tersebut dengan mata telanjang.

Jet raksasa dikenal sebagai bentuk petir paling langka karena hanya terjadi 1.000 kali dalam setahun. Pergerakannya kira-kira 10-50 kali lebih kuat dari petir biasa dan berlangsung kurang dari satu detik.

Jet raksasa biasanya menyertai badai petir dan muncul jauh di atas awan. Cahaya yang dihasilkan berwarna merah akibat reaksi dengan nitrogen di mesosfer, sekitar 50-85 kilometer di atas permukaan bumi.

Fenomena tersebut tidak pernah tertangkap kamera hingga tahun 1989. Kemunculan jet raksasa membuat NASA sekali lagi menyatakan bahwa penyebab jet raksasa masih belum jelas, meski kemungkinan besar disebabkan oleh ketidakseimbangan antara berbagai bagian atmosfer bumi, seperti yang dikemukakan Case. dengan bentuk petir lainnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours