Kedubes Inggris: jaminan demokrasi pers penting capai keadilan iklim

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Kedutaan Besar Inggris di Jakarta menekankan pentingnya memastikan demokrasi pers dan media yang bebas dan independen guna mencapai keadilan lingkungan dan demokrasi.

“Keadilan iklim dan demokrasi tidak dapat dicapai tanpa supremasi pers dan memastikan keberadaan media yang independen, profesional, dan pluralistik,” kata Matthew Downing, Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, sebuah organisasi kebebasan pers global acara H 2024. di Jakarta pada hari Rabu.

Downing mengatakan bahwa dengan Hari Jurnalisme Sedunia pada tahun 2024, Inggris percaya bahwa masyarakat harus bebas berdebat dan mendiskusikan berbagai isu, terutama ketika membahas peran penting jurnalisme dalam aksi iklim. Hal ini termasuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan menyoroti solusi yang ada dan solusi potensial.

“Inggris berkomitmen untuk meliput pelanggaran kebebasan media di semua tingkatan di seluruh dunia. Kami percaya bahwa pelanggaran atau pembatasan kebebasan media harus bertanggung jawab,” katanya.

Downing juga mengatakan, pada tahun 2022 Inggris yang biasanya terkenal dengan hujan, salju, dan hujan akan mencapai suhu 40 derajat Celcius untuk pertama kalinya. Dikatakan juga bahwa pola cuaca baru dan aneh sedang terjadi di dunia.

Perubahan iklim, lanjutnya, disebabkan oleh ulah manusia. Jadi tidak ada keraguan bahwa yang terjadi adalah krisis iklim, menurut penilaian global Perjanjian Paris yang diadakan di Dubai tahun lalu, yang dengan jelas menyatakan bahwa situasi iklim saat ini sudah keluar jalur.

Meski terjadi perubahan iklim, namun ia menilai masyarakat tidak bisa sepenuhnya menyerahkan solusinya kepada pemerintah, karena permasalahan iklim merupakan isu penting dan besar peluang untuk menyerahkannya kepada pemerintah. Downing mengatakan di sinilah jurnalis dan media berperan.

“Media adalah bidang komunikasi publik, tempat gagasan dipresentasikan dan didiskusikan, tempat cerita dibuat dan didistribusikan. Pasar media iklim sangat besar. Ini adalah masalah yang jelas di zaman kita,” ujarnya.

Downing juga menyampaikan bahwa peran jurnalis pada tahun 2024 akan sangat sulit, karena saat ini permasalahan perubahan iklim telah menjadi perhatian utama generasi muda. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi bahwa pers yang bebas dan efektif adalah sumber kehidupan masyarakat yang demokratis dan sejahtera.

“Saya mendorong redaksi (media) untuk melihat perubahan iklim tidak hanya sebagai sebuah topik, tetapi juga sebagai peluang untuk menghasilkan konten yang menarik dan bermanfaat secara finansial,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours