Sambut Hari Anak Indonesia, Jurnalis Jakut-Pelindo 2 Gelar Pelatihan Jurnalistik

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Distrik 2 Tanjung Priok bersama Kelompok Kerja Jurnalis (Pokja) Jakarta Utara mengadakan pelatihan jurnalisme dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) 2024, Selasa (23/7/2024).

Mengangkat tema “Mengenal Pintu Melalui Pendidikan Jurnalistik”, pelatihan ini banyak diikuti oleh siswa dari sekolah-sekolah yang berlokasi di Jakarta Utara di kawasan bisnis Pelindo Group.

Acara yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 23-24 Juli 2024 ini membantu para peserta mempelajari dasar-dasar jurnalisme dan bagaimana memanfaatkannya untuk menghasilkan berita sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Selain itu, mereka juga melakukan tur keliling pelabuhan untuk mengenal Pelabuhan Tanjung Priok sebagai salah satu jalur transportasi ekonomi tersibuk di Tanah Air.

Executive General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Distrik 2 Tanjung Priok Adi Sugiri mengatakan, pelatihan bagi jurnalis ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Pelindo Group.

“Kegiatan ini memberikan nilai tambah khususnya bagi anak-anak dan tingkat sekolah,” kata Adi di Museum Bahari Indonesia.

Pihaknya rutin menyelenggarakan program tumbuh kembang anak tidak hanya di Hari Anak Nasional saja, melainkan di berbagai waktu.

Setiap tahunnya Pelindo Group menyelenggarakan program TJSL yang salah satunya memberikan beasiswa kepada anak-anak kurang mampu di wilayah tempat mereka bekerja.

Tahun ini, Pelindo menggandeng jurnalis asal Jakarta Utara untuk mempromosikan karya dan karya stasiun tersebut melalui pelatihan jurnalis bagi siswa SMA dan SMK.

Adi berharap anak-anak yang mengikuti pelatihan dapat menjadi corong untuk memperkenalkan saluran tersebut kepada masyarakat di komunitasnya.

Ketua Jurnalis Jakarta Utara, Faqih Haitami mengatakan, selama dua hari keempat peserta pelatihan akan dibimbing oleh jurnalis profesional yang bekerja di wilayah Jakarta Utara. Sebanyak 15 orang jurnalis media cetak, online, dan elektronik yang tergabung dalam Jurnalis Jakarta Utara menyampaikan materi terkait dimulainya produksi berita.

Para peserta juga diberikan pelatihan kesadaran langsung di lokasi selama kunjungan ke Museum Maritim Indonesia dan Terminal Kendaraan Indonesia (Terminal Cabang Internasional Jakarta).

Menurut dia, pelatihan jurnalis ini dilatarbelakangi oleh situasi anak-anak Jakarta Utara yang banyak menghadapi konflik negatif di komunitasnya. Tidak sedikit anak-anak, khususnya remaja, yang menghabiskan waktunya untuk melakukan aktivitas yang merugikan, salah satunya adalah berkelahi.

“Melalui pengajaran berita ini, kami ingin anak-anak dapat menginvestasikan waktunya pada kegiatan-kegiatan yang tidak hanya baik tetapi mempunyai manfaat yang besar dalam kehidupannya di masyarakat,” kata Fakih.

Ia menambahkan, kerja sama jurnalis Jakarta Utara dan Pelindo ini merupakan salah satu upaya untuk memajukan kawasan Jakarta Utara. Pembinaan masyarakat Jakarta Utara sejak dini harus menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk dunia usaha.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours