Balitbang Kemenag Gelar Conference Xtra, Menag: Transformasi Digital Jadi Prioritas

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Yakt Cholil Kwemus menegaskan, konferensi pelatihan (konferensi) dan paparan pelatihan (konferensi) dihadiri oleh orang-orang yang bertanggung jawab dalam pengembangan keterampilan sumber daya manusia di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag).

“Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan tugas yang monumental karena dari SDM yang kompeten akan lahir ASN yang paham perannya. “Dari SDM yang paham akan tugasnya, akan lahir SDM yang melayani secara tepat, cepat dan tepat,” ujarnya saat memberikan arahan melalui video pada pembukaan konferensi tambahan, Rabu (14/8/2024).

Gus Men mengapresiasi Badan Litbang dan Diklat selama dua tahun terakhir. Menurutnya, khususnya di sisi pendidikan dan pelatihan, telah terjadi proses perubahan yang signifikan dari skema tradisional yang berbasis tatap muka menjadi pelatihan yang berbasis digital.

Gus Men melanjutkan, dengan itu muncul kemampuan untuk mendidik siswa agar lebih efisien, tangkas, dan adaptif. “Transformasi digital merupakan salah satu program prioritas Kemenag. Hal ini penting mengingat Kemenag memiliki SDM lebih dari 3,1 juta jiwa. Dengan kondisi seperti ini, tidak mungkin layanan pelatihan dilakukan secara manual,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Men mengapresiasi konferensi ekstra yang bertemakan “Pembelajaran Menarik dan Menyenangkan”. Menurut Gus Men, kegiatan dan program penelitian dan pengembangan Kementerian Agama, program pendidikan dan pelatihan harus memberikan pengaruh terhadap perubahan organisasi dan masyarakat secara umum, oleh karena itu muncul inisiatif untuk memperluas akses pelatihan keagamaan di organisasi keagamaan. Harus terus mendukung.

“Proses pelatihan harus dikembangkan agar lebih dapat dinikmati oleh pemangku kepentingan yang lebih luas. Oleh karena itu, pesan mengenai topik ini perlu dimaknai secara mendalam sehingga menjadi semangat bagi organisasi dan masyarakat untuk terus memberikan pengaruh terhadap perubahan besar. , ”katanya.

Terakhir, Gus Men berpesan agar Balitbang dan Diklat menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dengan transformasi digital yang sudah berjalan, perlu untuk terus membangun badan baru dengan pendekatan universitas korporat.

“Jangan kembali ke cara kerja lama yang manual. Teruslah belajar dan berinovasi agar kita selalu terdepan dalam pengembangan sumber daya manusia,” imbaunya.

Gus Men berharap perjuangan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat ini bisa menjadi sebuah warisan. “Selamat berkumpul, jangan lupa menikmati pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours